Jokowi Beri Sinyal ke Ganjar, Gerindra: Sah-sah Saja

Ketua Harian DPP Gerindra sekaligus Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadat

VIVA – Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dispekulasikan beri kode mendukung Ganjar Pranowo saat acara relawan Projo di Magelang, Jawa Tengah. Saat itu, Ganjar juga menghadiri kegiatan Relawan Projo. 

Ungkapan Airlangga Hartarto Kalau Golkar Bangga Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024

Menurut Dasco, omongan Jokowi yang menyinggung soal capres dengan istilah ojo kesusu sebagai dinamika.

“Ya, saya pikir apa yang disampaikan dalam acara relawan pendukung Pak Jokowi, itu kan sebuah dinamika yang menurut saya sah-sah saja," kata Dasco di Gedung DPR pada Rabu, 25 Mei 2022.

Government Targets on Acquiring 61 Percent Freeport Share

Namun, kata dia, Partai Gerindra sudah diimbau untuk tetap merapatkan barisan untuk pemenangan Pemilu 2024. Sebab, apa yang disampaikan Presiden Jokowi tersebut biasa saja.

“Tidak ada sesuatu yang luar biasa. Saya pikir kami tetap mengimbau kepada kader Gerindra seluruh Indonesia untuk tetap mengencangkan barisan dan bekerja seperti biasa,” ujarnya.

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Presiden Jokowi.

Photo :
  • Biro Pres dan Media Istana Kepresidenan.

Omongan Jokowi yang ditafsirkan dengan mendukung Ganjar terucap saat acara Rakernas V Relawan Projo di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu 21 Mei 2022. Acara rakernas itu dihadiri pula oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Jokowi minta relawan Projo agar tak tergesa-gesa dan mendesaknya terkait urusan Pilpres 2024. Bagi Jokowi, dinamika politik saat ini belum jelas.

Dinamika yang dimaksud terkait sikap parpol dalam mengusung kandidat capres tertentu. Dia menyampaikan jangan sampai salah hanya karena tergesa-gesa.

"Urusan politik, ojo kesusu sik. Jangan tergesa-gesa, jangan tergesa-gesa. Meskipun, meskipun.... mungkin yang kita dukung ada di sini," kata Jokowi.

Merespons pernyataan Jokowi, relawan peserta rakernas beberapa kali meneriakkan nama Ganjar Pranowo.

Ucapan Jokowi itu jadi heboh dan ditanggapi elite politisi hingga pengamat. Ada yang menafsirkan omongan Jokowi sebagai kode untuk Ganjar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya