Dihadiri Ribuan Peserta, Festival Kopi PDIP Siap Pecahkan Rekor MURI

PDIP Gelar Festival Kopi Tahan Air
Sumber :
  • PDI Perjuangan

VIVA – PDI Perjuangan siap memecahkan rekor MURI, dengan menggelar Festival Kopi Tanah Air, yang akan dilaksanakan Jumat besok 27 Mei 2022. Festival tersebut dilaksanakan di Parkir Timur Selatan Senayan, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat. Ribuan peserta akan turut hadir dalam acara ini.

Festival Pameran K-Pop Terbesar Siap Digelar 45 Hari! Musik, Film, Merchandise Ada di Sini

Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan Festival Kopi yang digelar ini sebagai bukti kalau partai tidak melulu soal kekuasaan. Kata Hasto, itu yang selalu ditekankan oleh Ketum Megawati Soekarnoputri.

Dalam setiap arahan yang disampaikan Megawati, Hasto mengatakan bahwa mereka selalu ditekankan untuk menjalankan politik kerakyatan, membantu rakyat.

Alasan PDIP Absen saat Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wapres Terpilih

"Kami berharap dengan Festival ini, akan membangkitkan Kopi Tanah Air, membangkitkan petani Indonesia, membangkit semangat rakyat Indonesia, sehingga akhirnya Kopi Tanah Air merupakan Kebangkitan Nasional Indonesia," kata Hasto, Kamis 26 Mei 2022.

"Rencananya Ibu Ketua Umum akan memberikan sambutan untuk membuka Festival Kopi," lanjut Hasto.

KPU Ungkap Alasan Abaikan Permintaan PDIP Tunda Penetapan Prabowo

Kopi memiliki sejarah tersendiri terutama bagi Bung Karno. Hasto kemudian menyampaikan itu, berdasarkan apa yang pernah diutarakan oleh mantan pengawal pribadi Bung Karno, Mangil Wartowidjojo dalam buku bertajuk “Kesaksian tentang Bung Karno, 1945-1967”. Ketika sarapan, Bung Karno tak lupa untuk minum kopi. 
"Pak Mangli menjelaskan bahwa kopi Bung Karno harus sesuai takaran yang diinginkan yaitu satu sendok kopi dan satu setengah sendok gula," kata Hasto.

Ketua Panitia Festival Kopi Tanah Air, Ono Surono menambahkan, agenda tersebut juga sebagai rangkaian penutup HUT KE-49 PDIP. Dalam acara bertajuk Festival Kopi Kebangkitan Nasionalisme Indonesia itu, terdapat beberapa rangkaian kegiatan, antara lain pameran, eksebisi, uji cita rasa, dan sulang kopi secara hybrid.

"Di mana uji cita rasa kopi itu oleh panitia disiapkan on the spot dan secara hybrid dengan target minimal 2.500 orang. Dan, itu mudah-mudahan mendapatkan penganugerahan dari rekor MURI," jelas dia.

Untuk eksebisi kopi, juga nantinya akan menghadirkan pegiat kopi dari Aceh sampai Papua. Tak hanya itu, dijadwalkan juga akan diikuti oleh beberapa kementerian seperti Kementerian BUMN, Kementerian Pertanian, Kementerian Koperasi dan UKM, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Serta juga komunitas dan produsen kopi.

Selain itu, PDIP juga akan menggelar lomba barista dengan tiga kategori, yakni latte art, manual brew, dan aeropress. 

"Dengan sampai saat ini jumlah peserta lomba itu mencapai 535 orang dari Aceh sampai Papua," jelas Ono.

Festival ini lanjut dia, berlangsung selama tiga hari. Juga diisi pertunjukan seni budaya dan penampilan artis-artis Tanah Air seperti Krisdayanti, Marcell Siahaan, Rizky Febian, Peewee Gaskins, Hivi, dan beberapa lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya