Perempuan Pesantren NU se-Jatim Siap Kawan Cak Imin Menuju 2024

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Perempuan Pesantren NU se-Jawa Timur yang tergabung dalam Forum Pengasuh Pesantren Putri (Fasantri) mendukung Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin maju sebagai bakal capres 2024. Fasantri siap mengawal Cak Imin maju menuju 2024.

Cak Imin Bilang Tetap di Jalur Perubahan Bersama Anies Baswedan Untuk Jangka Panjang

"Kami Perempuan Pesantren NU se-Jawa Timur mendukung Gus Muhaimin Iskandar maju sebagai calon presiden Republik Indonesia tahun 2024," kata Ketua Fasantri Jawa Timur Nyai Hj. Nur Hannah, dalam keterangannya, Jumat 27 Mei 2022.

Saat menyampaikan dukungan, hadir pula Nyai Noer Channah, Nyai Zulfa Badri Kraksaan, Nyai Maslacahatul Ammah Jombang, Nyai Lukluatul Widad Ahmad Gading Malang, hingga Nyai Thoyyibah Bangkalan.

Anies Ucapkan Selamat ke Prabowo-Gibran Usai Putusan MK: Selamat Jalankan Amanat Konstitusi

Menurut Nyai Hannah yang juga pengasuh pondok pesantren Al Baqoroh Lirboyo Kediri, deklarasi ke Cak Imin karena Wakil Ketua DPR itu dianggap sebagai sosok yang peduli terhadap santri dan pondok pesantren. Dia menyinggung Cak Imin yang juga dinobatkan sebagai Panglima Santri Nasional yang mewakili jamiyah Nahdlatul Ulama (NU). 

Pun, Ketua Umum Fasantri, Nyai Hj. Hindun Anisah meyakini Cak Imin sebagai sosok muda dan cerdas dari kalangan nasionalis-religius. Selain, keponakan Abdurrahman Wahid itu juga dianggap kaya pengalaman dan dekat dengan rakyat kecil. 

Cak Imin soal Putusan MK: Kita Semua Termasuk MK, Tak Kuasa Hentikan Pelemahan Demokrasi

Menurut dia, aksi dukungan yang dilakukan pihaknya merupakan titipan aspirasi dari umat. Salah satunya untuk memperbaiki keadaan masyarakat di sektor ekonomi. 

“Seluruh keluarga besar pesantren selalu berkomitmen dan berkontribusi nyata pada pembangunan di Indonesia di berbagai bidang dari pendidikan, sosial, ekonomi," jelas Hj Hindun. 

Dia menambahkan, dunia pesantren berharap hadir pemimpin yang berlatar belakang santri. Cak Imin juga dinilai dari kalangan santri.

"Dunia pesantren berharap hadir pemimpin dari kalangan santri yang menjadi pengayom seluruh umat, dan siap bekerja membangun bangsa untuk bangkit dan membawa rakyat sejahtera," sebutnya.

Cak Imin merupakan salah satu nama yang digadang-gadang maju sebagai bakal capres 2024. Versi sejumlah lembaga survei juga menempatkan Cak Imin masuk dalam bursa bakal capres.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya