Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto Panen Kopi di GBK

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menghadiri festival kopi tanah air di Senayan
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto panen kopi usai melakukan tinjauan ke berbagai booth kopi Nusantara yang ikut dalam Festival Kopi Tanah Air, di Parkir Timur, Senayan, Jakarta.

Hasto PDIP Jawab Tudingan Jadi Penghambat Pertemuan Jokowi-Megawati

Saking banyaknya, kopi yang diperolehnya, Ketua Panitia Festival, Ono Surono berguyon, Hasto telah memiliki stok kopi untuk satu tahun.

Beberapa Ketua dan Sekretaris DPD PDIP hadir di booth  yang menjadi wilayahnya. Mereka antusias bersama penjaga booth menyambut kehadiran Hasto. Diantaranya Lazarus dari DPD PDIP Kalimantan Barat, Sudin dari DPD PDIP Lampung , dan Rudy Pieter Goni dari DPD PDIP Sulawesi Selatan. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

"Gak bayar nih," kata Hasto saat disodorkan sebungkus kopi yang telat dikemas dengan rapi di booth Sulawesi Tengah di area Gelora Bung Karno, Sabtu, 28 Mei 2022.

Di booth Sulawesi Utara, selain berbincang sejenak, Hasto menyoba menikmati kue lemet khas Minahasa. Lalu, di booth Kalimantan Tengah, saat meninjau, Hasto diminta mengisi buku tamu. 

Hasto Usul Kasus Connie Bakrie Disetop, Minta Aparat Fokus Usut Korupsi Tambang

Ketua Panitia Festival Ono Surono yang ikut mendampingi Hasto memutari booth, mengeluarkan candaannya.

"Pak Hasto, sudah ada stok kopi untuk satu tahun ke depan," katanya.

Hasto tersenyum mendengar gurauan itu. "Saya bagi ke teman media kalau mau," tawarnya sambil senyum kepada media yang mengikutinya berkeliling.

Lalu, Hasto menuju lokasi Dialog Ngopi. Dia didaulat moderator untuk memberikan sepatah dua kata.

Kata Hasto politisi minum kopi itu penting. Sebab dalam dunia politik, banyak kepahitan yang akan dialami. Namun dengan merasakan berbagai cita rasa kopi, bisa memahami ternyata ada yang lebih pahit dari kehidupan. 

"Kalau kita stres, bisa menghirup aroma kopi. Kemarin kita diajari bagaimana cara menikmati kopi yang baik," ucap Hasto.

Hasto mengakhiri seluruh kegiatannya dengan memasuki Rufu Coffee. Di sana Hasto, mengobrol dengan penjaga stand dan menyeruput segelas kecil kopi.

Rufu Coffee yang bermoto “Rasaku Filosofiku” itu merupakan salah satu wujud pelaksanaan ekonomi kerakyatan oleh kader PDIP. 

“Yang penting adalah imajinasi tentang membangun Indonesia yang kata Bung Karno, berdikari atau berdiri di atas kaki sendiri, dilakukan dengan kopi,” kata Hasto.

Baca juga: Hasto Bantah Ganjar dan PDIP Merenggang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya