Adik Jokowi Datang ke Bogor, Doakan Alex Jadi Bupati 2024

Adik Presiden Jokowi, Idayati bertemu dengan Alex Purnama Johan.
Sumber :
  • VIVAco.id/Muhammad AR

VIVA – Adik Presiden Joko Widodo (Jokowi) Idayati dan suaminya Anwar Usman mendatangi kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Salah satu agenda kedatangan Idayati itu bertemu dengan Alex Purnama Johan (APJ) yang digadang sebagai calon Bupati Bogor pada 2024 mendatang.

Menlu Retno Ungkap 2 Arahan Jokowi soal Konflik Iran vs Israel

"Iya, benar beliau (Idayati) datang bertemu, mendoakan dan siap mengusung F1 (Bupati Bogor) memimpin Kabupaten Bogor," kata Alex saat dikonfirmasi VIVA, Senin 30 Mei 2022.

Alex mengatakan, pertemuan berlangsung di kedai kopi Minggu, 29 Mei 2022. Dia menyampaikan Idayati didampingi suaminya Anwar Usman yang juga Ketua Mahkamah Konstitusi (MK). Pertemuan itu berlangsung tertutup.

Jokowi Bakal Gelar Rapat Kabinet Terbatas Bahas Dampak Konflik Iran vs Israel Hari Ini

"Intinya beliau menganggap saya sebagai keluarga. Urusan Pilkada hanya mendoakan, karena mungkin ada cara beliau tersendiri. Gitu aja," tutur Alex.

Adik Jokowi, Idayati dan Ketua MK Anwar Usman.

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq
Golkar Medan Tetap Dorong Bobby Nasution Maju Pilwakot 2024

Pun, Alex juga menjawab tujuan utama Idayati datang ke Puncak, Bogor yang dikenal sebagai lokasi wisata. Dia mengatakan kedatangan Idayati hanya untuk memenuhi janji bersilahturahmi saat dirinya datang menghadiri pernikahannya di Solo, beberapa waktu lalu.

"Tidak (bukan berwisata). Beliau sudah janji waktu pernikahan di Solo akan silaturahmi ke kediaman saya," jelasnya.

Alex menceritakan, ia dan Idayati punya hubungan baik sejak 2005. Pertemuannya dengan Idayanti terjadi pada 2004. Saat itu, Alex pernah ditunjuk menjadi bagian pengadaan tanah kantor Diklat Mahkamah Agung di Desa Sukamaju, Kecamatan Megamendung.

"Saya di desa dulu pernah ditunjuk salah satu bagian pangadaan tanah untuk Diklat MA seluas 7 hektar. Untuk dibangun lokasi Diklat Mahkamah Agung sama Pak Bagir Manan. Di sana saya ketemu beliau tahun 2004," jelasnya.

Terkait rencananya mau maju mencalonkan sebagai Bupati Bogor, Alex menjawab diplomatis. Dia mengatakan Bogor membutuhkan pemimpin yang cerdas, memagami wilayah, dan handal.

"Di sini butuh pemimpin yang benar-benar handal. Dalam artian handal di sini itu, intinya saya analisa di Bogor ini kita harus punya konsep memimpin, bukan mengatur rakyat. Tetapi, kita bekerja untuk rakyat. Itu yang terpenting itu," jelasnya.

Kemudian, dia mengatakan saat ini belum ada figur yang mencolok dengan prestasinya membawa daerah Bogor lebih baik. Dia mengatakan selama Jokowi kerap tinggal di Istana Bogor hampir dua periode ini tapi belum ada tokoh Bogor yang dekat dengan RI-1. 

Maka itu, ia menilai Bupati Bogor harus bisa memiliki jam terbang skala nasional. Dengan demikian bisa menarik investor dengan sistem investasi konsorsium sehingga mampu membangun infrastuktur. 

Selanjutnya, baru menyesuaikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan tidak mempergunakan anggaran yang ada

Alex diketahui sebagai tokoh masyarakat Bogor Selatan. Saat ini, ia menjabat sebagai Kepala Desa Sukamaju, Kecamatan Megamendung Kabupaten Bogor. 

Di Pilkada 2018, nama Alex digadang-gadnag masuk dalam bursa calon Bupati Bogor. Dia disebut mendaftar ke PDI Perjuangan (PDIP).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya