Puan Diantara Jokowi dan Anies Dalam Jepretan Menkes Budi Sadikin

Puan Maharani diantara Jokowi dan Anies
Puan Maharani diantara Jokowi dan Anies
Sumber :
  • VIVA/Natania Longdong

VIVA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menonton langsung perhelatan balap Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit Ancol, Jakarta Utara pada Sabtu siang 4 Juni 2022. Kedatangan Presiden Jokowi disambut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua SC Formula E Ahmad Sahroni.

Hadir pula beberapa pejabat tinggi negara seperti Ketua DPR Puan Maharani, dan Ketua MPR Bambang Soesatyo yang ikut mendampingi Presiden Jokowi.

Dalam sebuah foto yang terlihat, Jokowi duduk bersama Anies, Ketua DPR RI Puan Maharani, dan beberapa menteri lainnya. Jokowi yang berkunjung ke ajang Formula E tersebut terlihat menggunakan kaos penjang berwarna putih, celana bahan dan sepatu andalannya sneakers berwarna hitam.

Adapun beberapa pejabat yang menemani Presiden Jokowi menonton Formula E yakni Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ART) Sofyan Djalil, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Dalam momen yang tertangkap oleh kamera, Jokowi terlihat akrab dan tertawa bersama Puan, Anies dan para pejabat negara lainnya. Mereka tertawa, bersenda gurau, sesekali berfoto bersama pejabat.

Ada yang menarik dari kehadiran para petinggi negara di tribun VVIP Formula E pada Sabtu siang. Puan Maharani duduk diantara Jokowi dan Anies Baswedan. Momen tersebut pun disorot dan banyak diabadikan dalam foto, termasuk oleh Menkes Budi Sadikin.

Diketahui, Anies dan Puan belakangan santer dijagokan sebagai bakal duet capres dan cawapres. Anies dan Puan dinilai pasangan yang cukup seimbang jika mereka bersatu dalam Pilpres 2024 mendatang. Magnet pendukung kedua kubu yang kerap kontra dinilai cocok jika bergabung dan saling melengkapi.

Puan Maharani merupakan Ketua PDIP sekaligus putri Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri yang merupakan capres potensial dari PDIP. Puan diklaim akan melanjutkan trah Soekarno dalam suksesi kepemimpinan nasional pada 2024 mendatang.

Sementara Anies Baswedan adalah Gubernur DKI Jakarta yang popularitasnya masuk dalam 3 besar capres potensial pada Pilpres 2024. Anies bersama Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto selalu berada di urutan teratas capres populer dari berbagai hasil survei politik.

Formula E yang digelar di Jakarta ini merupakan pertama kalinya di Indonesia. Dan Jakarta menjadi kota pertama di Asia yang menggelar ajang balap Formula E. Presiden Jokowi mengatakan kejuaraan balap mobil listrik Formula E akan menjadi ajang olah raga masa depan karena menggunakan kendaraan berbasis energi listrik.

Menurut Jokowi, penggunaan kendaraan listrik dalam ajang balap Formula E sejalan dengan arah industri Indonesia yang sedang merintis produksi mobil listrik dan berbagai komponennya.

“Saya kira ini event masa depan karena kita tahu nanti ada pergeseran dari mobil yang sekarang ke banyak nanti pemakai mobil listrik sehingga ini jadi tontonan yang ke depan akan semakin digemari,” kata Presiden Jokowi.

Indonesia, kata Presiden, sedang membangun ekosistem industri mobil listrik, mulai dari industrialisasi bahan baku nikel, pembangunan instalasi pengolahan (smelter) nikel, pembangunan industri baterai litium dan juga produksi mobil listrik.

Karena itu, kata Jokowi, Formula E juga telah memperkenalkan teknologi kendaraan listrik dan industri kendaraan ramah lingkungan.

“Saya kira teknologi yang dipertontonkan akan juga mendukung ke arah sana, semuanya akan menuju ke ramah lingkungan,” katanya.

Jokowi juga mengapresiasi penyelenggaraan Jakarta E-Prix 2022 pada Sabtu yang berjalan lancar di Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol, Jakarta. Ia mengharapkan sirkuit tersebut dapat kembali menyelenggarakan ajang balap di waktu yang akan datang.

“Kalau bisa setiap minggu ada terus, akan lebih baik. kalau bisa setiap tahun 10 kali, 15 kali akan lebih baik,” tegasnya