Poltracking: Suara Erick Thohir Lewati AHY hingga Puan Bursa Cawapres

Menteri BUMN Erick Thohir
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Menteri BUMN Erick Thohir ungguli suara Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono maupun Ketua DPR RI, Puan Maharani pada peta elektabilitas cawapres jelang Pilpres 2024.

AHY Wanti-wanti Prabowo Usai Bertemu Cak Imin

Erick Thohir memperoleh 12,4%, Agus Harimurti Yudhoyono 11,7%, dan Puan Maharani 6,8% pada simulasi 10 nama pada survei yang dilakukan Poltracking.

"Simulasi surat suara 10 nama Cawapres 2024, angka elektabilitas dari setiap kandidat yaitu Sandiaga Salahuddin Uno (15.5%), Erick Thohir (12.4%), Agus Harimurti Yudhoyono (11.7%), Ridwan Kamil (8.1%), Puan Maharani (6.8%)," kata Direktur Eksekutif Poltracking Hanta Yuda di Hotel Bidakara Jakarta, Kamis 9 Juni 2022.

Kepemimpinan Perempuan di BUMN dan Cara BKI Lanjutkan Semangat Kartini

Menteri BUMN Erick Thohir

Photo :
  • Istimewa

Hanta menambahkan, untuk suara Khofifah Indar Parawansa (4.9%), Airlangga Hartarto (4.5%), Andika Perkasa (2.8%), Mahfud MD (2.2%) dan Muhaimin Iskandar (0.7%).

Kembangkan Produk Urea dan Amonia, Pupuk Indonesia Gandeng BUMN Brunei BFI

Hanta menuturkan, saat ini tercatat ada beberapa nama yang berpotensi menjadi figur kuat Cawapres. Hal itu terlihat dari konsistensi elektabilitas selalu di atas 5%, dan salah satunya ialah Erick Thohir. 

“Terdapat lima figur kuat calon wakil presiden yang selalu konsisten berada dalam lima besar elektabilitas dengan angka di atas 5%, yaitu Sandiaga Salahuddin Uno, Erick Thohir, Agus Harimurti Yudhoyono, Ridwan Kamil dan Puan Maharani,” jelas Hanta. 

Lebih lanjut, Hanta mengatakan survei untuk mengukur kekuatan figur pada proses pencalonan. Hasilnya, Sandiaga Uno dan Erick Thohir masuk ke dalam dua besar Cawapres potensial. 

“Maksud dan tujuan dari survei ini adalah untuk mengukur elektabilitas figur kuat dalam kandidasi Pilpres 2024,” kata Hanta. 

Survei dilakukan pada 16-22 Mei 2022 dengan metode multistage random sampling. Jumlah sampel adalah 1220 responden dengan margin of error (MoE) +/- 2.9% pada tingkat kepercayaan 95%. Sampel survei ini menjangkau 34 provinsi seluruh Indonesia dan diambil secara proporsional.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya