Polisi Sebut Atribut di Deklarasi Anies Bukan Bendera HTI

Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Budhi Herdi Susianto
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

VIVA – Polisi menyampaikan bendera bertuliskan kalimat tauhid dalam acara 'Mendeklarasikan Anies Baswedan Sebagai Presiden RI 2024-2029', bukan bendera ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Cak Imin Puji Militansi PKS di Pilpres 2024: 'Kalau Mau Berjuang Ya Hanya dengan PKS'

"Bendera tersebut bukan bendera HTI," ujar Kapolres Metro Jakarta Selatan, Komisaris Besar Polisi Budhi Herdi Susianto kepada wartawan, Jumat 10 Juni 2022.

Dia menjelaskan hal ini diketahui setelah pihaknya melakukan penyelidikan. Polisi diketahui menyita bendera tersebut setelah mendapatkan laporan. 

KPU Undang Anies dan Ganjar Hadiri Penetapan Pemenang Pilpres 2024

Polisi pun sudah memeriksa sejumlah saksi. Pemeriksaan ini termasuk terhadap petugas sekuriti hingga panitia penyelenggara kegiatan itu.

Bendera diduga HTI muncul dalam acara deklarasi Anies Baswedan capres

Photo :
  • VIVA/Syaefullah
Hormati Putusan MK, Eks Ketum PB HMI: Saatnya Bekerja untuk Indonesia Maju

Deklarasi Majelis Sang Presiden

Sebelumnya, muncul atribut yang disebut sebagai bendera HTI dalam deklarasi mendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres 2024. Acara deklarasi itu diinisiasi kelompok Majelis Sang Presiden di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu, 8 Juni 2022.

Dari pengakuan relawan Majelis Sang Presiden, mereka berlatar belakang dari mantan anggota ormas HTI, Front Pembela Islam (FPI), hingga eks terpidana kasus terorisme.

Saat deklarasi sempat terjadi ketegangan karena bendera yang diduga HTI itu dikibarkan dalam acara.

Kombes Budhi mengatakan pihaknya juga sudah mendatangi lokasi begitu mendapatkan laporan ada bendera bertulis kalimat tauhid. Begitu di lokasi, polisi juga sudah langsung mengamankan bendera diduga HTI itu.

"Kami kebetulan langsung di TKP (Tempat Kejadian Perkara) itu kami amankan benderanya. Saat ini sudah diamankan di Polres," ujar Budhi, kepada wartawan, Kamis, 9 Juni 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya