Prabowo Dipercaya Jadi Ketua Dewan Pembina Pemuda Tani Indonesia

Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Dewan Pengurus Pusat (DPP) Pemuda Tani Indonesia (PTI) memilih Prabowo Subianto sebagai Ketua Dewan Pembina periode 2021-2026. Alasan dipilihnya Prabowo karena punya pengalaman dan wawasan luas terkait sektor pertanian.

PDIP Minta Penetapan Prabowo Ditunda karena Gugatan di PTUN, KPU Tegaskan Ini

Demikian disampaikan Ketua Umum DPP PTI, Budisatrio Djiwandono saat pelantikan pengurus DPP PTI periode 2021-2026 di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, belum lama ini. Menurut Budi, gagasan Ketua Umum Partai Gerindra diperlukan PTI agar bisa memberikan kontribusi terhadap bangsa.

Dia bilang, dengan pengalaman sebagai Ketua Umum DPN Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) selama 2 periode, Prabowo punya pemikiran untuk mewujudkan bangsa yang mandiri dan berdaulat pangan. Bagi Budi, hal itu bisa jadi sumber inspirasi manifesto perjuangan PTI.

NasDem Belum Jelas Oposisi atau Gabung Pemerintah, Cak Imin: Mau Nanya Itu Sungkan

Dia menekankan, pembangunan sektor pertanian perlu dapat perhatian khusus terutama generasi muda. Ia mengingatkan demikian karena pertanian sebagai sektor strategis negara. 

"Berbicara soal pangan adalah hidup matinya suatu bangsa, bonus demografi saat ini, harus didukung dengan ketersediaan pangan yang memadai agar tidak jadi masalah yang krusial di kemudian hari," kata Budi, dalam keterangannya, Senin, 13 Juni 2022.

Gerindra Sebut Petinggi Nasdem Bawa Kabar Gembira buat Prabowo

Ketua Umum Pemuda Tani Indonesia (PTI) Budisatrio Djiwandono

Photo :
  • Istimewa

Pun, ia berharap PTI bisa jadi organisasi yang dapat berkontribusi positif, bersinergi untuk membangun sektor pertanian nasional. Budi juga memperhatikan soal sumber daya manusia (SDM) organisasi yang dipimpinnya.

"Ke depan kita memiliki target-target secara kelembagaan, soliditas dan SDM kader Pemuda Tani Indonesia diharapkan dapat berkontribusi memajukan sektor pertanian nasional," lanjut Wakil Ketua Komisi IV DPR tersebut.

Sementara, Ketua Umum DPN HKTI Fadli Zon berpesan kepada PTI sebagai generasi muda yang mesti semangat bergerak di sektor pertanian. Ia menekankan pentingnya regenerasi petani di kalangan generasi pemuda. 

"Kita semua berharap semoga kepengurusan (PTI) ini, terus memberikan kemajuan terhadap dunia pertanian dan sektor pangan nasional," ujar Budi.

Kemudian, Ketua Dewan Penasehat PTI, Fary Djemy Francis meminta PTI ke depan harus bergerak jadi organisasi yang visioner dan modern. Dia mengingatkan pentingnya pengurus PTI bisa menyusun langkah strategis dan memanfaatkan teknologi. 

"Pengelolaan organisasi digital adalah hal penting yang perlu menjadi perhatian agar organisasi lebih visioner dan modern," jelas Fary Djemi.

Selain Prabowo, sejumlah tokoh yang masuk dalam kepengurusan PTI antara lain Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang dipercaya sebagai Ketua Dewan Kehormatan. Lalu, ada juga  Bayu Dwi Apri Nugroho yang diplot sebagai Ketua Dewan Pakar.

Adapun untuk komposisi pengurus harian, Budi didampingi Suroyo selaku Sekretaris Jenderal serta M. Atras Mafazi sebagai Bendahara Umum. Selanjut, dalam struktur ada 10 Wakil Ketua Umum, 10 Wakil Sekretaris Jenderal, 3 Orang Wakil Bendahara dan 30 Bidang yang fokus pada gerakan regenerasi petani.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya