Ridwan Kamil Dinilai Cocok untuk Memimpin DKI Jakarta

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Sumber :
  • Adi Suparman/ VIVA.

VIVA – Survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) yang merujuk mayoritas responden ahli menilai Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil cocok memimpin DKI Jakarta. Ridwan Kamil menurut CSIS berada di posisi teratas.

Oso Beberkan Strategi Partai Hanura Hadapi Pilkada 2024

Pengamat sekaligus Peneliti dari lndonesian Politic, and Policy Institute (IPPI), Muhammad Albana setuju dengan CSIS. Dia menyebut Kang Emil bisa maju menjadi calon DKI-1 pada Pilkada 2024.

Menurut dia, Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil memiliki rekam jejak pengalaman memimpin Kota Bandung dan kini sebagai Gubernur Jawa Barat. Bagi dia, Emil berhasil selama menjadi Wali Kota Bandung

Sekda Depok Maju Pilkada, Minta Dukungan Ridwan Kamil

"Bandung itu persoalannya cukup kompleks. Kota Metropolitan. Dan, Emil selama memimpin sukses membuat berbagai inovasi menyelesaikan persoalan klasik di sana," kata Albana, dalam keterangannya, Senin, 13 Juni 2022.

Ridwan Kamil

Photo :
  • VIVA/ Adi Suparman
Manuver Politik Pj Gubernur NTB Hingga ‘Dipelototin’ Bawaslu

Dia menyebut persoalan di Bandung seperti sampah, angkutan publik, sampai penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) mampu ditangani Emil. Ia menyebut kelebihan Emil juga berlatar belakang teknokrat dan arsitek.

Pun, dia menekankan selama menjadi Gubernur Jabar, Emil juga sudah memberikan perubahan bagi Tanah Pasundan.

"Sekarang di Jabar kinerjanya juga berhasil. Penataan Citarum, pengembangan pariwisata daerah sampai inovasi program di bidang kesehatan dan pendidikan," tutur Albana.

Kemudian, dia mengatakan parameter penilaian itu bisa dilihat saat memimpin di saat krisis dan berhasil membuat perubahan. 

"Menggerakkan birokrasi, dan mengelola anggaran yang tepat sasaran. Itu semua dimiliki Ridwan Kamil," sebutnya.

Sebelumnya, dalam survei CSIS  yang melibatkan sejumlah ahli menguji sepuluh nama tokoh yang dinilai punya kualifikasi memimpin DKI Jakarta ke depan. Survei dilakukan terhadap 170 responden ahli sejak 28 Maret-12 April 2022. 

Pun, dari skala 1 sampai 10, angka skor tertinggi diraih Ridwan Kamil dengan 7,11. Kemudian, disusul Erick Thohir 6,99, dan Tri Rismaharini di posisi ketiga dengan skor 6,78.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya