Puan Pimpin Paripurna DPR Pengesahan Calon Anggota DKPP

Ketua DPR RI Puan Maharani
Sumber :
  • DPR RI

VIVA – DPR RI akan menggelar rapat paripurna ke-25 masa persidangan V tahun sidang 2021-2022, Selasa hari ini, 14 Juni 2022. Salah satu agendanya yakni pengesahan calon anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). 

Ketua KPU Dilaporkan karena Diduga Lakukan Tindakan Asusila

Berdasarkan agenda, paripurna akan digelar siang nanti pukul 13.00 WIB. Rencananya, paripurna akan dipimpin langsung Ketua DPR RI Puan Maharani.

Sebelum memasuki agenda pertama, paripurna akan diawali dengan pelantikan empat anggota DPR Pengganti Antarwaktu (PAW).

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

“Agenda pertama rapat paripurna DPR RI hari ini adalah mendengarkan penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LHP LKPP) Tahun 2021 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI,” kata Puan dalam keterangannya.

Selanjutnya, paripurna akan mengesahkan calon anggota DKPP periode 2022-2027 dari unsur masyarakat setelah melalui proses pemilihan oleh Komisi II DPR pada Senin kemarin, 13 Juni 2022.

PDIP Harus Ambil Langkah Taktis jadi Oposisi Prabowo, Jangan Tersandera Hak Angket

DKPP Gelar Sidang Putusan Komisioner KPU

Photo :

Sesuai ketentuan, ada 5 nama anggota DKPP dari unsur masyarakat dimana 3 diusulkan DPR. Sementara, 2 figur lainnya diusulkan oleh Presiden.

“Berdasarkan hasil inventarisasi dan diskusi bersama fraksi-fraksi di Komisi II DPR RI, diputuskan secara musyawarah mufakat 3 orang yang dianggap terbaik dan memenuhi syarat sebagai calon anggota DKPP periode 2022-2027dan selanjutnya dibawa ke rapat paripurna hari ini untuk dimintakan persetujuan,” kata Puan.

Usai disahkan dalam paripurna, 3 nama calon anggota DKPP tersebut akan dikirim DPR ke Presiden sambil menunggu 2 nama calon lainnya. Kemudian, selanjutnya akan dilantik. 

Anggota DKPP yang merupakan lembaga etik pengawas penyelenggara pemilu ini juga akan diisi oleh 2 orang ex officio dari KPU dan Bawaslu. Adapun Komisi II DPR pada Senin kemarin sudah memutuskan tiga nama calon anggota DKPP yaitu I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Muhammad Tio Aliansyah, dan Ratna Dewi Pettalolo.

Untuk Ratna Dewi merupakan eks anggota Bawaslu RI periode 2017-2022. Sementara, I Dewa Kade pernah menjadi anggota KPU RI periode 2017-2022. Lalu, Muhammad Tio tercatat pernah jabat Anggota KPU Lampung.

“Selanjutnya paripurna akan mendengarkan pendapat fraksi-fraksi terhadap RUU usul inisiatif Komisi VIII DPR RI tentang Energi baru dan Energi terbarukan, dilanjutkan dengan Pengambilan Keputusan menjadi RUU usul DPR RI,” kata Puan.

Agenda terakhir yakni pengambilan keputusan perpanjangan waktu pembahasan RUU tentang Landas Kontinen. 

Puan menjelaskan, perpanjangan waktu tersebut diambil berdasarkan hasil Rapat Konsultasi Pengganti Rapat Bamus DPR pada 9 Juni 2022.

“Pansus RUU Kontinen meminta perpanjangan waktu pembahasan agar beleid yang dihasilkan semakin komprehensif,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya