PAN Akan Putuskan 6 Orang Capres-Cawapres

Keterangan Pers DPP PAN. Terlihat Bima Arya, Eddy Soeparno dan Yandri Susanto
Sumber :
  • VIVA/ Andrew Tito

VIVA – Partai Amanat Nasional (PAN), akan memutuskan enam nama untuk capres dan cawapres yang diusung partai itu pada Pilpres 2024 mendatang. Nama-nama itu adalah masukan ke partai dan akan diputus pada Rakernas partai itu pada 26 Agustus 2022.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno mengatakan untuk proses pengusungan capres dan cawapres akan dilaksanakan lewat 'PAN Memilih,' yang digelar mulai tanggal 14 Juni 2022.

Eddy mengatakan, pengusungan enam nama capres dan cawapres tersebut melibatkan kader partai di seluruh Indonesia.

Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

"Pada Rakernas nanti PAN akan mengumumkan enam nama yang akan terdiri dari capres-cawapres yang akan diusung PAN pada Pilpres 2024 mendatang," ujar Eddy saat memberikan keterangan di Kantor DPP PAN, Jakarta, Selasa 14 Juni 2022.

Eddy mengatakan untuk proses pengusungan capres dan cawapres, kader PAN ditingkat kabupaten/kota atau DPD diminta mencari 10 nama. Lalu kemudian diserahkan ke DPW PAN tingkat provinsi. Selanjutnya DPW PAN mengerucutkan 8 nama capres dan cawapres, untuk diusulkan pada Rakernas PAN.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

"Nanti diperhelatan Rakernas, DPP PAN akan mengerucutkan kembali nama-nama yang diusulkan setiap DPW menjadi enam nama yang terdiri atas capres dan cawapres," jelas Eddy.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPP PAN, Bima Arya mengatakan nama-nama yang dihasilkan dari berbagai lokasi yang ada harus merupakan sosok yang nasionalis dan religius. Selain itu juga diharapkan dapat mewakili harapan masyarakat.

"Kami beri kebebasan sepenuhnya kepada DPD untuk menyerap aspirasi di mana ada dinamika di tempat masing-masing. Jadi aspirasi yang harus ditangkap teman-teman DPD adalah nama-nama yang merupakan harapan dari wilayah aktivitas di sana," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya