Profil Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, Calon Wamen Koperasi dan UKM

Rahayu Saraswati
Sumber :
  • ist

VIVA – Presiden Joko Widodo disebut-sebut akan melakukan reshuffle kabinet pada hari ini Rabu, 15 Juni 2022. Akan ada beberapa menteri yang bakal diganti. Berhembus kencang kuota Partai Gerindra bakal bertambah dengan posisi kursi wakil menteri (wamen). Nama kader Gerindra Rahayu Saraswati digadang-gadang akan menjadi wakil menteri.

Sudaryono Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK soal Sengketa Pilpres

Sara, panggilan karibnya, santer digadang bakal menjadi Wakil Menteri Koperasi dan UKM. Ya, keponakan Prabowo Subianto itu adalah seorang aktivis, politikus, aktris, presenter. Sebelumnya menjadi anggota DPR RI dari Partai Gerindra, ia kemudian maju sebagai calon wakil wali kota Tangerang Selatan yang didukung oleh Partai PDI Perjuangan, PSI, Gerindra, Partai Amanat Nasional, Hanura, Nasdem, Perindo, Partai Berkarya dan Partai Garuda, yang setara dengan 23 kursi di DPRD Tangsel . Selama menjadi anggota legislatif ia banyak memperjuangkan perempuan dan anak serta memerangi perdagangan orang.

Tak hanya eksis jadi aktivis, Rahayu juga beberapa kali mengambil peran dalam perfilman Indonesia. Putri pasangan Hashim Djojohadikusumo dan Anie Hashim Djojohadikusumo itu pernah bermain film Merah Putih, Merah Putih II: Darah Garuda, Dream Obama dan Gunung Emas Almayer. Di usia 12 tahun, setelah lulus dari SD Tarakanita II, Sara melanjutkan sekolah ke Singapura, di UWCSEA (United World College of South East Asia). Namun, ia tak lama di sana, hanya beberapa bulan, karena pindah ke Swiss untuk bergabung dengan ayah, ibu, dan adiknya yang telah lebih dahulu berada ke sana. Ayahnya diutus oleh negara sebagai Duta Besar Istimewa untuk Eropa bagian Utara dan Timur.

Nasib Pertemuan Prabowo Subianto dengan Megawati Pasca Putusan MK

Ia tidak melanjutkan di kelas 7, namun diizinkan untuk langsung naik ke kelas 8 setibanya di College du Leman, Geneva, Swiss. Di situlah ia menjalani pendidikan hingga lulus SMA. Selama SMA, dia masih aktif dengan kegiatan ekstrakurikulernya, menjadi bagian dari tim sepak bola Junior Varsity bahkan timnya berhasil memenangkan piala dan mewakili propinsinya di tingkat nasional.

Lulus SMA, ia diterima di Universitas Virginia dengan Early Decision di mana ia melanjutkan pembelajaran dengan fokus di Drama dan Peradaban Kuno (Yunani dan Roma).

MK Tolak Gugatan Pilpres, Gerindra Jatim: Saatnya Semangat Memajukan Bangsa

Berikut profil Rahayu Saraswati:

Nama: Rahayu Saraswati Dhirakanya Djojohadikusumo

Lahir: Jakarta, 27 Januari 1986

Suami: Harwendro Adityo Dewanto

Orang tua: Hashim Djojohadikusumo dan Anie Hashim Djojohadikusumo

Alma mater: Universitas Virginia

Pekerjaan: Aktris, politikus, produser

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya