Jokowi Jamu Makan Siang Ketum Parpol di Hari Reshuffle, Apa Maknanya

Presiden Jokowi dan Megawati usai pelantikan BPIP di Istana, Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat

VIVA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan jamuan makan siang menjelang pelantikan menteri dan wakil menteri hasil perombakan kabinet alias reshuffle pada Rabu siang, 15 Juni 2022. Jamuan makan siang itu mengundang para ketua umum (ketum) partai politik (parpol) pendukung pemerintah.

Jokowi Hopes Panua Pohuwato Airport in Gorontalo Can Boost Local Economy

Sebelum pukul 12.00 WIB dikabarkan di akun YouTube resmi Sekretariat Presiden bahwa para tokoh parpol itu sudah menginjakkan kaki di kompleks kepresidenan. Mereka kemudian langsung menuju Presidential Lounge untuk makan siang bersama Presiden.

Sudah hadir Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang juga Menteri Pertahanan, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang juga Menteri Koordinator Perekonomian, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa. Hadir pula Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang dikabarkan akan masuk di kabinet.

Sosok Jenderal Termuda di TNI, Ternyata Lulusan Akmil 1999 dan Berusia 47 Tahun

Pelantikan menteri dan wakil menteri baru di Kabinet Indonesia Maju akan berlangsung siang ini usai jamuan makan siang tersebut. 

Sisa 2 tahun pemerintahan di periode Jokowi-Ma'ruf, Presiden Jokowi akan melakukan perombakan kabinet. Santer beredar bahwa jabatan menteri yang digeser antara lain menteri perdagangan, menteri agraria dan tata ruang juga sejumlah wakil menteri di kementerian. Tokoh-tokoh yang dicopot dan masuk dalam kabinet masih merupakan figur yang berasal dari partai-partai pendukung pemerintah.

MK Tolak Gugatan Anies dan Ganjar, Jokowi Ajak Semua Bersatu Bangun Bangsa dan Hadapi Geopolitik

Jamuan makan kerap menjadi hal yang sangat penting dalam tawar-menawar politik di berbagai belahan dunia. Diketahui jamuan makan menjadi ajang tak hanya untuk mencairkan suasana namun juga untuk melanggengkan obrolan politik termasuk dalam tawar-menawar dukungan. Soal ini juga tampaknya menjadi cara yang dipilih Jokowi dalam merangkul para pemimpin partai pendukungnya itu.

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 147 bangunan infrastruktur pasca dilanda bencana gempa di Provinsi Sulawesi Barat pada Selasa, 23 April 2024. Diketahui, gempa me

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024