Sah, Jokowi Lantik Zulkifli Hasan Jadi Mendag, Hadi jadi Menteri ATR

Pelantikan Mendag Zulkifli Hasan dan Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto
Sumber :
  • YouTube Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengambil sumpah menteri yang baru hasil reshuffle kabinet. Dua posisi menteri, yakni Menteri Perdagangan yang kini dijabat Zulkifli Hasan. Serta Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Hadi Tjahjanto. Selain itu, beberapa wakil menteri juga dilantik.

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Pelantikan menteri sisa masa jabatan 2019-2024 berdasarkan Kepres Nomor 64B tahun 2022 tentang Pemberhentan dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

Lalu untuk wakil menteri berdasarkan Kepres Nomor 24N tahun 2022 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negera. Para wakil menteri yakni Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala BPN, Raja Juli Antoni. Lalu Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Watipo. Serta Afriansyah Noor, Wakil Menteri Ketenagakerjaan.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

Formasi reshuffle kabinet Jokowi-Maruf Amin

Photo :
  • YouTube Sekretariat Presiden

Mereka kemudian diambil sumpah dan jabatannya dalam pelantikan, yang dibacakan oleh Presiden Jokowi dan diikuti pejabat yang dilantik.

Prabowo dan Gibran Bakal Temui Jokowi Nanti Malam

"Demi Allah saya bersumpah/ Demi Tuhan saya berjanji (kristen)," kata Jokowi, diikuti pejabat yang dilantik.

"Bahwa saya, akan setia kepada undang-undang dasar negera Republik Indonesia tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,".

"Bahwa saya, dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik baiknya dengan penuh rasa tanggungjawab,"

"Kiranya Tuhan menolang saya (bagi yang beragama Kristen),".

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya