Zulhas Mendag, PAN Siapkan Eddy Soeparno Jadi Wakil Ketua MPR

Zulkifli Hasan
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) menggantikan M Luthfi. Alhasil jabatan Zulhas sebagai Wakil Ketua MPR RI akan ditanggalkan. 

Budi Arie Sebut Hak PDIP Nyatakan Jokowi-Gibran Bukan Kader Lagi

Dalam pada itu, dikabarkan bahwa Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno adalah salah satu yang kuat menggantikan Zulhas di MPR RI. 

Demikian diungkapkan Ketua DPP PAN, Pangeran Khairul Saleh kepada awak media. Menurut Khairul, Zulhas sebagai ketua umum sudah menyiapkan nama penggantinya di MPR. 

Maju Pilkada Kalsel 2024, Pasangan Muhidin-Hasnur Kantongi Restu Haji Isam

"Sudah disiapin pastilah (penggantinya)," kata Pangeran di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 15 Juni 2022.

Presiden Jokowi bersama Mendag Zulkifli Hasan dan Menteri ATR Hadi Tjahjanto

Photo :
  • YouTube Sekretariat Presiden
PAN Siapkan Bima Arya dan Desy Ratnasari untuk Pilgub Jabar

Lalu siapa figur yang akan menggantikan Zulhas, Pangeran menyebut, salah satu nama yakni Sekjen PAN Eddy Soeparno. "Mungkin salah satu mungkin (Eddy Soeparno). Tapi semua terserah ketum," imbuhnya. 

Diketahui, Presiden Jokowi resmi melantik lima pejabat negara hasil reshuffle kabinet di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 15 Juni 2022. Dari susunan nama-nama pejabat yang dibacakan, ada 2 posisi menteri yang diganti dan 3 posisi wakil menteri baru.

Dari posisi menteri, Zulkifli Hasan dilantik sebagai Menteri Perdagangan dan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Pelantikan Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 64P Tahun 2022 tentang Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019—2024 yang ditetapkan pada tanggal 15 Juni 2022.

Zulkifli Hasan merupakan Ketua MPR periode 2014—2019, yang juga saat ini merupakan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN). Ia menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi.

Sementara itu, Hadi Tjahjanto merupakan Panglima TNI periode 2017—2021. Ia ditunjuk sebagai Menteri ATR/Kepala BPN menggantikan Sofyan Djalil.

Selanjutnya di posisi wakil menteri ditetapkan Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala BPN; John Wempi Watipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri dan Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan.

Pelantikan ketiga wakil menteri tersebut berdasarkan Kepres Nomor 24N tahun 2022 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negera. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya