Zulhas Masuk Kabinet, Parpol Koalisi Jokowi Cemburu?

Presiden Jokowi beserta dengan para ketua umum partai politik koalisi pemerintah
Sumber :
  • ANTARA/Laily Rachev - Biro Pers

VIVA – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri Perdagangan. Zulhas menggantikan posisi Muhammad Lutfi yang menduduki jabatan itu sejak 23 Desember 2020.

Peringati Hari Konsumen Nasional, Mendag Zulhas: Pengusaha Curang Membunuh Usahanya Sendiri

Menurut Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, masuknya kader PAN ke dalam Kabinet Indonesia Maju dinilai bakal menimbulkan kecemburuan antar partai Islam di koalisi pemerintah. 

"Cemburu pasti ada, terutama dari partai Islam yang sudah dulu bergabung, tapi kekecewaan itu tak ditunjukkan ke publik," kata Adi kepada wartawan, Rabu, 15 Juni 2022. 

Jokowi Akui 90 Persen Bahan Produksi Farmasi Masih Impor

Adi menjelaskan, kecemburuan itu berpotensi menciptakan suasana ketidakharmonisan karena partai lain menilai PAN tidak berjuang memenangkan Jokowi-Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019. 

"Sejauh ini terlihat harmonis. Entah ke depan ketika rivalitas pemilu makin mengeras. Secara manusiawi pasti partai lain tak happy karena PAN dinilai tak berkeringat atas pemenangan Jokowi," kata dia. 

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Selain itu, dikatakan Adi, reshuffle kali ini sangat kental nuansa politisnya, ketimbang mengevaluasi kinerja menteri yang dianggap kurang berprestasi. 

"Buktinya sejumlah partai koalisi dapat juga jatah politik di posisi wamen. Misalnya PSI dan PBB," tegasnya. 

Diketahui, Presiden Joko Widodo melantik Menteri dan Wakil Menteri untuk Kabinet Indonesia Maju Sisa Masa Jabatan Periode Tahun 2022-2024.

Mereka yang dilantik sebagai menteri dalam reshuffle kedua Kabinet Indonesia Maju yakni Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan dan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Selain Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto, Presiden Jokowi juga menunjuk dan melantik tiga nama dalam posisi sebagai Wakil Menteri untuk Kabinet Indonesia Maju Sisa Masa Jabatan Periode Tahun 2022-2024.

Ketiga nama Wamen tersebut yakni John Wempi Wetipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri, Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan, dan Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN).
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya