Semua Ketua Umum KIB Jadi Menteri Jokowi, PPP: Itu Punya Makna

Presiden Jokowi saat melantik Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan.
Sumber :
  • Twitter @setkabgoid

VIVA – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan atau Zulhas resmi masuk ke dalam Kabinet Indonesia Maju. Zulhas ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggantikan Muhammad Lutfi, sebagai Menteri Perdagangan atau Mendag.

Kata Budi Arie soal Hubungan Jokowi dengan Prabowo Renggang: Jangan Adu Domba!

Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani angkat bicara masuknya Zulhas ke kabinet pemerintahan Jokowi-Maruf Amin. Menurut Arsul hal ini secara politik sangat menguntungkan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang digagas Partai Golkar, PAN dan PPP.

"Reshuffle itu kalau buat kami, partai-partai KIB itu menguatkan posisi KIB. Kenapa? Secara politis menguatkan KIB, karena sekarang tiga ketua umum KIB, semua ada di dalam kabinet," kata Arsul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 16 Juni 2022. 

Momen Sri Mulyani Hadiri Open House Jokowi dan Megawati: Semoga Baik Semua Ya

Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan, Arsul Sani.

Photo :
  • VIVA/Eduward Ambarita

Arsul mengungkapkan, saat ini seluruh ketua umum partai politik yang tergabung di KIB ada di dalam pemerintahan. Dengan demikian, memudahkan KIB merespons persoalan bangsa.

Sederhana, Potret Busana Iriana Jokowi Saat Open House Curi Perhatian

"Itu punya makna bahwa mereka kan punya akses terhadap persoalan-persoalan pemerintahan, persoalan-persoalan kenegaraan," jelas Arsul.

Pun, anggota Komisi III DPR RI itu mengklaim, komposisi KIB yang saat ini berada di dalam pemerintah memudahkan menyusun strategi ke depan. Maka itu, diharapkan bisa menyerap berbagai masukan dari Presiden Jokowi.

"Artinya apa yang ada di pikiran partai-partai KIB, misalnya visi dan misi pemerintah ke depan dengan masukan-masukan, pendapat, dan pandangan dari presiden," kata Arsul.

Kemudian, Arsul juga berharap PAN bisa segera menyesuaikan diri di dalam Koalisi Indonesia Maju. 

"Artinya menyesuaikan diri itu karena dia ada di dalam koalisi, ya memang tidak berarti tidak boleh kritis, tetap boleh kritis. Tetapi juga harus kita stel secara keseluruhan," tuturnya.

Untuk diketahui, KIB digagas gabungan parpol terdiri atas Golkar, PAN, dan PPP. Sebelum Zulhas jadi Mendag, Ketum Golkar Airlangga Hartarto sudah menjabat Menteri Koordinator bidang Perekonomian. Lalu, Ketum PPP Suharso Monoarfa menempati posisi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas.

Jokowi melantik Zulhas sebagai Mendag di Istana Negara pada Kamis kemarin, 15 Juni 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya