Airlangga Sebut Golkar Sudah Lewati Fase Huru-hara, Siap Menang Pemilu

Airlangga Hartarto
Airlangga Hartarto
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan bahwa partai yang dia pimpin telah melewati masa huru-hara atau konflik internal yang mengganggu konsolidasi sehingga memengaruhi perolehan suara dan kursi dalam beberapa pemilu sebelumnya.

Karena alasan itu, kata Airlangga dalam wawancara khusus dengan The Interview di Jakarta pada Jumat, 10 Juni 2022, Golkar siap memenangi pemilu tahun 2024 dengan perolehan suara yang meyakinkan, yakni 20 persen suara nasional.

Airlangga mengakui partainya memang menetapkan target meraih suara nasional sebesar 20 persen dalam pemilu 2024. Target itu, baginya, bukan rencana yang berlebihan atau muluk-muluk melainkan realistis.

"[pada pemilu] tahun 2004, Golkar pernah 20 persen. Artinya, ini pernah dicapai oleh Golkar, dan ini bukan target yang berlebih-lebihan," ujarnya, berargumentasi bahwa target itu memilik dasar yang kuat. Ditambah lagi hasil pilkada serentak pada 2021 karena, dia mengklaim, Golkar memenangi 60 persen kontestasi politik tingkat daerah se-Indonesia itu.

Ilustrasi kampanye golkar

Ilustrasi kampanye golkar

Photo :
  • ANTARA FOTO/Kornelis Kaha

Dia menepis pandangan pesimistis bahwa perolehan suara Golkar tak akan lebih baik pada pemilu 2024 karena, berdasarkan tren dari pemilu ke pemilu sejak tahun 2004, perolehan suara dan kursi Golkar terus melorot. Dia berdalih, "tergantung situasinya".

"Karena periode kemarin adalah periode gogoro (goro-goro; huru-hura; keributan; konflik internal): ada dua Golkar, terus banyak kader yang punya masalah hukum, atau masalah hukumnya dipermasalahkan. Jadi situasinya periode gogoro," ujarnya.