Ribuan Santri dan Kiyai Deklarsi Ganjar Presiden: Gajinya Buat Rakyat

Deklarasi Santri dan Kiyai di Kebumen Jateng Dukung Ganjar Pranowo
Sumber :

VIVA – Ribuan santri dan kiyai di Kebumen Jawa Tengah, mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo. Mereka berdoa agar Gubernur Jawa Tengah itu bisa menjadi Presiden RI di Pilpres 2024 mendatang.

Prabowo Ingin Bentuk Presidential Club, Zulhas: Bagus Banget, Kita Dukung

Salah satu alasan yang membuat para santri dan kiyai ini mendukung, adalah mereka menyebut gaji Ganjar disumbangkan untuk masyarakat. Yakni melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di wilayahnya. Itu dianggap sebagai totalitas Ganjar dalam mengabdi untuk rakyat.

Ganjar yang juga politisi PDIP itu juga dinilai, berprestasi dalam membawa kemajuan untuk Jawa Tengah. Hal ini yang dianggap sebagai teladan, sehingga ribuan orang mendeklarasikan Ganjar.

Prabowo Ingin Bentuk Presidential Club, Jokowi: Bagus, 2 Hari Sekali Ketemu

Dalam keterangan persnya, mereka mengklaim perwakilan dari 35 kabupaten/kota di Jateng. Terdiri dari asosiasi kiyai dan pengasuh pondok pesantren (Ponpes) di Kebumen, pengurus masjid/mushola, santri dan masyarakat umum. Deklarasi dilakukan di Ponpes Al Qarawiyin Desa Krandegan Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Jateng. 

"Mendukung Bapak Ganjar menjadi Presiden Republik Indonesia Tahun 2024," kata pengasuh Ponpes Al Qarawiyin, Gus Rahmat, saat membacakan deklarasi, yang dilakukan pada Sabtu 18 Juni 2022.

Jokowi Minta Relokasi Warga Terdampak Erupsi Gunung Ruang Dipercepat

Rahmat menyatakan telah merasakan langsung kepedulian Ganjar kepada para kiai, santri dan pondok pesantren. Selama menjabat gubernur, pihaknya mengaku kebijakan Ganjar cukup berihak pada semua lapisan masyarakat, terutama kalangan bawah. 

"Beliau orangnya baik dan jujur. Harapannya semoga kedepan bisa memajukan Indonesia khususnya umat Islam, para kiai, ulama, santri dan pondok pesantren," ujarnya. 

Kordinator Nasional Santri Dukung Ganjar (SDG), Acep Amirudin mengatakan Ganjar menyumbangkan gajinya kepada masyarakat melalui Baznas Provinsi Jateng sejak menjabat gubernur pada periode pertama sampai sekarang.

Oleh Baznas, lanjut dosen di salah satu universitas Islam di Bandung itu, menyalurkan melalui program santunan fakir miskin, biaya pendidikan, bantuan modal usaha, rumah belajar BAZNAS, bantuan panti asuhan, pasien rawat inap, bantuan rumah tidak layak huni (RTLH), program tanggap bencana dan program sosial lainnya. 

"Kepedulian beliau kepada masyarakat sampai diserahkan kepada Baznas, dari Baznas itu bisa dialokasikan ke bantuan-bantuan sosial lainnya. Dari situlah kenapa kami para santri dan kiai sangat mendukung Bapak Ganjar," tutur Acep. 

Dia mengaku, apa yang dilakukan Ganjar sejatinya telah mengamalkan nilai-nilai seorang santri. Yakni selalu berzakat, sederhana dalam hidup, dekat dengan ulama, peduli pada masyarakat kurang mampu, dan menyayangi anak yatim. 

"Itu semua kan diajarkan Rasulullah SAW. Beliau Pak Ganjar mengimplementasikan nilai santri dan representatif dari santri," ucapnya.

Kordinator SDG Wilayah Jateng, Mukti Abdul Jabir, mengatakan acara deklarasi ini diikuti oleh sekitar 2 ribu orang lebih. Deklarasi ini kata dia, sebagai langkah awal dalam ikhtiar menjadikan Ganjar Presiden RI. Selanjutnya dia menyebut akan ada gerakan yang lebih masif ke berbagai wilayah di Jateng. 

Deklarasi juga dimeriahkan dengan adanya lomba rebana se-Kabupaten Kebumen dan konser musik religi dengan bintang tamu penyanyi Sayyid Zulfikar Basyaiban dan Syarifah Veve Zulfikar. 

Acara bertajuk 'Sejuta Sholawat & Doa Bersama Bapak Ganjar Pranowo Presiden RI 2024' ini, mendapatkan antusiasme dari masyarakat yang sangat tinggi. Mereka sampai membeludak ke luar panggung, menyaksikan kegiatan di plataran rumah-rumah warga yang berada di seberang jalan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya