Nama Anies dan Zulhas Jadi Bakal Capres Moncer di PAN Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ketika bertemu dengan Zulkifli Hasan selaku Ketua MPR
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ketika bertemu dengan Zulkifli Hasan selaku Ketua MPR
Sumber :
  • Reza Fajri

VIVA – Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Jakarta Selatan (Jaksel) menghasilkan lima nama untuk usulan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) pada Pemilu 2024.  

Ketua DPD PAN Jaksel Farazandi Fidinansyah mengatakan, sepuluh DPC se-Jakarta Selatan telah menyepakati lima usulan nama untuk disodorkan pada Rapat Kerja Wilayah DPW PAN DKI Jakarta pada 30 Juli 2022 mendatang untuk diteruskan ke DPP. 

“Rapat Kerja Daerah DPD PAN Jakarta Selatan menyepakati lima nama antara lain Zulkifli Hasan, Anies Baswedan, Erick Thohir, Sandiaga Uno, dan Ridwan Kamil.” kata Farazandi melalui keterangan tertulis di Jakarta, Minggu, 19 Juni 2022. 

Jaring aspirasi kader pada Rakerda DPD PAN Jaksel disebut mayoritas mendorong Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (calon non-kader) dan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan alias Zulhas (calon dari kader) sebagai Capres. Sedangkan Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Parekraf Sandiaga Uno serta Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, sebagai Cawapres. 

Hasil tersebut didapatkan dari jaring aspirasi langsung dengan kader perwakilan cabang PAN se-Jakarta Selatan. Kelimanya dipilih berdasarkan musyawarah karena dirasa mampu mengedepankan politik gagasan dan punya visi terhadap generasi muda berikutnya. 

“Kami menyepakati kelima nama tersebut karena merepresentasikan nilai-nilai yang dikedepankan PAN, antara lain, kami melihat figur-figur tersebut mengedepankan gagasan, berwawasan kebangsaan, dan punya visi menyambung generasi berikutnya,” ujarnya. 

Diketahui, pada 26 Agustus mendatang, PAN akan menggelar rapat kerja nasional yang salah satu agendanya menetapkan usulan capres dan cawapres yang akan diusung pada Pilpres 2024. Usulan tersebut dijaring mulai dari tingkat daerah sampai provinsi.