Prabowo-Cak Imin Mesra, Manuver 'Naga Merah' Menuju 2024

Ketum Gerindra Prabowo Subianto bertemu dengan Ketum PKB Cak Imin.
Sumber :
  • Twitter @cakimiNOW

VIVA – Dinamika politik menuju Pilpres 2024 yang terbaru diwarnai dengan pertemuan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Pertemuan itu memunculkan spekulasi politik.

Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Salah satu isunya kemungkinan poros koalisi baru Pilpres 2024 yang digalang PKB-Gerindra dan parpol lain. Ketua DPP PKB Daniel Johan menyebut pertemuan antara Prabowo dengan Cak Imin itu akan membuat koalisi mengalami transformasi.

Dia bilang koalisi semut merah yang awalnya bersama PKS akan bertransformasi ke naga merah. Ia menekankan naga merah punya makna kemenangan yang membawa berkah untuk rakyat.

Petinggi Gerindra: Kemungkinan Pengajuan Hak Angket DPR Hanya 3 Persen

"Semut merah akan bertransformasi menjadi naga merah," kata DJ, sapaan arabnya, saat dikonfirmasi VIVA, Minggu malam, 19 Juni 2022.

Wakil Sekjen PKB Daniel Johan.

Photo :
Pimpinan Golkar di Daerah Minta Airlangga Dipilih secara Aklamasi di Munas, Menurut Sekjen

Dia menepis isu jika Cak Imin memilih Gerindra dan Prabowo lantaran PKS beri sinyal akan mengusung nama Anies Baswedan sebagai bakal capres. Menurutnya, dalam politik masih cair dinamikanya menuju 2024. "Tidak begitu, ini lebih karena lebih realistis saja," lanjut DJ.

Ia mengatakan komunikasi politik antara PKB dengan PKS terus berjalan. Bahkan, DJ mengklaim tak menutup kemungkinan PKS bisa gabung bersama ke poros Gerindra-PKB. "Tetap komunikasi dengan baik dan kita terbuka agar bergabung satukan kekuatan," sebut Anggota DPR tersebut.

Kemudian, ia menyebut dengan menggandeng Gerindra juga realistis menuju Pemilu 2024. Untuk kursi mengusung pasangan capres-cawapres, kerja sama antara Gerindra-PKB juga sudah cukup. "Realistis memenuhi syarat. Dan juga kemenangan," tuturnya.

Sebelumnya, Cak Imin menyambangi kediaman Prabowo Subianto di Jalan Kernegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu malam, 18 Juni 2022. Cak Imin ditemani petinggi PKB seperti Sekretaris Jenderal DPP PKB Hasanuddin Wahid dan Ketua DPP PKB Lukmanul Khakim.

Sementara, Prabowo juga didampingi beberapa elite Gerindra seperti Sekretaris Jenderal DPP Ahmad Muzani, Ketua Harian DPP Sufmi Dasco Ahmad hingga Wakil Ketua Umum DPP Sugiono.

Usai pertemuan, Cak Imin menyampaikan bahwa PKB sudah menjalin kerja sama politik dengan Gerindra. Namun, ia menekankan poros Gerindra-PKB membuka peluang bekerja sama dengan parpol lain.

“PKB dan Gerindra siap bekerja sama secara utuh menyeluruh menjelang dan menyiapkan Pilpres, Pileg, dan Pilkada di 2024. Moga-moga kerja sama kita ini bisa terus dilanjutkan bersama partai-partai lain,” ujar Cak Imin kepada awak media, Sabtu, 19 Juni 2022.

Di jagat media sosial, pertemuan kedua tokoh politik itu jadi perhatian. Pada Minggu pagi, sempat trending di Twitter dengan kemunculan tagar #Prabowo-Muhaimin. Ketua DPP PKB Lukmanul Khakim menanggapi Prabowo-Cak Imin sebagai duet ideal menuju 2024.

Menurut dia, dua tokoh politik itu jika diduetkan memiliki perpaduan militer-sipil serta nasionalis-religius. "Kami memandang pasangan Prabowo-Muhaimin Iskandar pasangan ideal," kata Lukman, sapaan akrabnya kepada VIVA, Minggu, 19 Juni 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya