PDIP: Gibran Kader yang Dipertimbangkan Maju di Pilgub 2024

Gibran belajar naik kuda dengan Prabowo.
Sumber :
  • istimewa.

VIVA – PDI Perjuangan (PDIP) berpotensi mengusung kadernya yang juga Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka untuk maju ke Pilkada 2024 tinggat provinsi. Ketua DPP PDIP Puan Maharani menyebut Gibran jadi salah satu kader yang dipertimbangkan untuk diusung.

Bobby Nasution akan Jalin Komunikasi dengan NasDem dan PKB untuk Pilgub Sumut

"Tentu saja mas Wali Kota Solo jadi salah satu kader sesuai dengan mekanisme, kami pertimbangkan maju di Pilkada 2024," kata Puan usai acara Haul Bung Karno, di Masjid At-Taufiq, Lenteng Agung, Jakarta dikutip dari Antara, Selasa, 21 Juni 2022.

Namun, Puan belum bisa memastikan apakah Gibran maju di Pilgub DKI Jakarta atau Jawa Tengah. Sebab, dua Pilgub itu masih jauh karena akan dihelat pada November 2024. "Masih jauh banget, kita Pilpres dulu bulan Februari 2024. Sementara, Pilkada masih bulan November," tutur Puan.

Khawatir Ada Aksi saat Putusan Sengketa Pilpres, TKN Siapkan Satgas Khusus

Puan Maharani

Photo :
  • DPR RI

Dia menyampaikan rencana PDIP setelah urusan Pilpres selesai, baru akan memikirkan persiapan Pilkada. "Jadi sekarang fokus pada posisi jabatan di kabupaten/kota atau provinsi saja," lanjut Wakil Ketua DPR tersebut.

Kaesang: Walaupun PSI Belum Bisa Masuk Senayan, Enggak Masalah

Kemudian, ia meminta kepala daerah dari PDIP, termasuk Gibran untuk fokus bekerja hingga masa jabatannya berakhir.

"Jadi sekarang lebih baik semua kepala daerah itu fokus kepada wilayah masing-masing sampai masa jabatan berakhir sehingga bermanfaat bagi daerahnya," tutur Puan.

Adapun menyangkut urusan capres, Puan mengatakan PDIP masih menggodok sejumlah nama. Kata dia, hal itu akan dibahas dalam Rakernas PDIP pada Selasa ini.

Dia mengatakan status PDIP sebagai pemenang Pemilu 2019 tentu juga memikirkan urusan Pilpres. Apalagi PDIP punya suara cukup mengusung pasangan capres-cawapres tanpa perlu koalisi.

"Pastinya akan bicara juga terkait dengan masalah penting untuk bangsa dan negara. Salah satunya ya nama-nama, mungkin calon orang-orang yang dianggap punya potensi untuk maju di 2024," kata Puan.

Sebelumnya, Gibran jadi perhatian karena sempat menemui Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Hambalang. Bogor, Jawa Barat. Selain naik kuda bareng, putra Presiden Jokowi itu mengaku bersama Prabowo membahas maju di Pilgub 2024. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya