Gantikan Anton Jadi Waka Komisi I DPR, Teuku Riefky: Siap Lanjutkan

Politikus Demokrat Teuku Riefky jadi Wakil Ketua Komisi I DPR.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) Lodewijk F. Paulus memimpin rapat pergantian Wakil Ketua Komisi I DPR RI. Pergantiian itu dari Fraksi Partai Demokrat yang menunjuk Teuku Riefky menggantikan Anton Sukartono.

UU Pemilu Perlu Direvisi sebagaimana Pertimbangan MK, Menurut Anggota DPR

Pergantian itu atas dasar Surat dari Fraksi Partai Demokrat soal perubahan penugasan anggotanya pada Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

“Pimpinan Komisi ditetapkan dengan keputusan Pimpinan DPR, maka saya akan menanyakan, apakah pergantian Ketua Komisi I DPR RI dari unsur Fraksi Partai Demokrat yang semula saudara Anton Sukartono Suratto, Anggota A542, digantikan saudara Teuku Riefky Harsya, Anggota A522, dapat disetujui?" tanya Lodewijk saat memimpin rapat di Komisi I DPR RI, di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Kamis, 23 Juni 2022.

MK Tolak Gugatan 01 dan 03, Demokrat: Selanjutnya Pak Prabowo Butuh Penguatan di Parlemen

Anggota dan pimpinan Komisi I yang hadir menjawab serentak setuju. Lodewidjk pun mengetuk palu sebagai pengesahan pergantian dari Anton ke Riefky.

Wakil Ketua Komisi I DPR Teuku Riefky Harsya (dua dari kanan)

Photo :
  • Istimewa
Saldi Isra Sentil DPR: Jangan Lepas Tangan dari Masalah Pemilu

Usai meresmikan pelantikan Ketua Komisi I yang baru, Lodewijk pun menyampaikan selamat kepada Teuku Riefky. Dia pun berterima kasih kepada Anton Sukartono Surato yang telah mengemban tugas sebagai Pimpinan Komisi I DPR RI dengan baik.

Lodewijk mengatakan, karena adanya pergantian Pimpinan Komisi I, maka susunan pimpinan Komisi I menjadi; Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid (F-Partai Golkar) didampingi empat Wakil Ketua Komisi I yaitu; Utut Adianto (F-PDI Perjuangan), Bambang Kristiono (F-Gerindra), Teuku Riefky Harsya (F-Demokrat) dan Abdul Kharis Almasyhari (F-PKS).  

"Kami atas nama pribadi dan Pimpinan DPR RI menyampaikan ucapan selamat kepada saudara Teuku Riefky Harsya yang telah dipercaya untuk menjadi seorang Pimpinan Komisi I," jelas Lodewijk.

Dia juga berharap Komisi I DPR bisa terus melaksanakan tugasnya untuk kepentingan negara dan memperjuangkan aspirasi rakyat.

"Semoga Tuhan YME selalu memberikan petunjuk dan bimbingan kepada kita sekalian khususnya kepada para Pimpinan Komisi I DPR RI dalam melaksanakan tugas untuk bangsa dan negara serta memperjuangkan aspirasi rakyat," lanjut politikus Golkar itu.

Usai resmi dilantik, Wakil Ketua Komisi I DPR RI Teuku Riefky Harsya menyatakan akan mengemban tugas dengan sebaik mungkin dengan pengalaman yang telah dia punya. Dia siap melanjutkan dan mengikuti apa yang sudah diagendakan di Komisi I DPR.

"Kami akan terus melanjutkan apa yang sudah disiapkan terkait agenda di komisi I  yang sudah ditata baik melalui Panja maupun Pansus. Kami akan siap mengikuti dan mensukseskan yang menjadi program Komisi I,” kata Riefky. 

Sebelumnya, Riefky juga menyampaikan terimakasih kepada Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketua Fraksi Demokrat di DPR Edhie Baskoro Yudhoyono yang memberikan amanat terhadapnya.

"Terimakasih untuk Ketum AHY, dan Ketua Fraksi EBY yang telah memberikan amanah untuk kembali memimpin Komisi I DPR-RI. Kami siap bersinergi dan menyukseskan agenda komisi bersama para pimpinan dan anggota Komisi I lainya," tutur Riefky.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya