Besok, PDIP Gelar Festival Bakar Ikan Nusantara

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

VIVA – PDI Perjuangan akan menggelar Festival Bakar Ikan Nusantara. Juga disertakan dengan lomba memasak dan makan bareng sajian kuliner Nusantara.

Petinggi Gerindra Sebut Tak Perlu Ada Rekonsiliasi Prabowo dengan Megawati

Lomba ini akan berkonsep lintas daerah secara serempak di seluruh Nusantara. Sekjen PDIP Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa sebenarnya ini juga sebagai bagian dari refleksi Bulan Bung Karno.

Dimana akan ada sajian kuliner Nusantara dari buku kuliner warisan Presiden RI pertama dan juga Proklamator Bung Karno ”Mustika Rasa".  

Petinggi Gerindra Sebut Amicus Curiae yang Diajukan Megawati Sudah Dipatahkan di MK

Jelasnya, PDIP ingin merayakan perbedaan dalam kebersamaan yang harmoni untuk Indonesia Raya. Ini juga sebagai wujud sikap berkepribadian dalam kebudayaan sesuai Trisakti Bung Karno. Selain itu, menurut Hasto apa yang digelar dalam festival ini juga untuk menggerakkan ekonomi rakyat dengan prinsip berdikari.

"Menyemarakkan makan ikan baik perikanan tangkap maupun darat sebagai sumber protein hewani yang sangat kaya nutrisi sekaligus merayakan kekayaan kuliner Nusantara, pemikiran yang sejak lama diinisiasi Bung Kamo dalam buku “Mustika Rasa”, urai Hasto, dalam keterangannya, Jumat 24 Juni 2022.

Demokrat Hormati Langkah Megawati Ajukan Amicus Curiae ke MK

Yang ditugaskan adalah Ketua DPP PDIP Bidang Pariwisata Wiryanti Sukamdani dan Wakil Sekjen Sadarestuwati sebagai koordinator dalam penyelenggaraan acara tersebut.

"Festival Bakar Ikan Nusantara diselenggarakan secara serempak di seluruh DPC dan DPD se Indonesia sementara yang digelar di Hall B JCC Jakarta diikuti oleh 34 provinsi (DPD) dengan peserta masing-masing 5 orang," kata Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pariwisata Wiryanti Sukamdani.

Dalam festival yang digelar besok tersebut, direncanakan akan dihadiri juga oleh Ketua DPR RI Puan Maharani dan Hasto Kristiyanto.

Wiryanti menjelaskan, menu yang digunakan oleh para peserta nantinya diambil dari buku "Mustika Rasa", dengan pilihan masakan di luar daerahnya sendiri. Dia mencontohkan, kader di Jawa akan memasak dan menyajikan makanan dari luar seperti rendang. Sebaliknya, kader di Sumatera memasak dan menyajikan pecel.

"Rencananya akan makan bareng menggunakan konsep bancakan," tutur Wiryanti.

Selain itu akan digelar juga bedah buku "Mustika Rasa", dan talk show ikan sebagai sumber protein dengan ahli gizi. Suasana festival ini akan dimeriahkan dengan penampilan penyanyi Andre Hehanussa, Rita Zein dan Krisdayanti.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya