PDIP Ogah Koalisi Bareng di 2024, PKS: Jangan Berlebihan

Presiden PKS Ahmad Syaikhu (tengah) saat Rapimnas di Grand Sahid Hotel.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Farhan Faris

VIVA –  Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menghormati sikap politik PDI Perjuangan (PDIP) yang tak mau berkoalisi bareng dengan partai dakwah tersebut. Jubir DPP PKS Muhammad Kholid mengatakan hal itu adalah hak prerogatif PDIP.

Blak-blakan! Prabowo: Pak Jokowi Suruh Semua Menteri Kasih Data ke Saya

"PKS menghormati sikap partai politik termasuk PDIP yang menegaskan tidak akan berkoalisi dengan PKS, tentu itu adalah hak prerogatif, hak kedaulatan partai. Hak kedaulatan PDIP untuk tidak berkoalisi dengan PKS," kata Kholid dalam keterangannya berupa video, Sabtu, 25 Juni 2022.

Namun, ia menyindir PDIP dengan pepatah Jawa. Dia menyinggung sesama anak bangsa agar jangan berlebihan bersikap.

Ahok: Yang Mau Mimpin Jakarta Harus Bisa Buktikan Hartanya Dari Mana

"Kami sebagai sesama anak bangsa mengingatkan ada pepetah Jawa yang mengajatakan ngono ya ngono, tapi ojo ngono. Jangan berlebihan bersikap," tutur Kholid.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

Photo :
  • PDI Perjuangan
Pesan Ahok ke Gubernur Jakarta: Nomor Hp Kasih Tahu ke Warga Supaya Semua Bisa Ngadu

Dia menekankan sebagai parpol harus menunjukan politik kebangsaan yang damai dan sejuk. Kata dia, parpol harus menunjukan kolaborasi bukan polarisasi. "Orang-orang Jawa selalu mengatakan adigang adigung adigung ketika kita memiliki kekuasaan, gunakanlah kekuasaan itu dengan bijaksana," ujar Kholid.

Sebelumnya, Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyindir koalisi dini yang dijajaki Nasdem dengan PKS untuk Pilpres 2024. Bagi Hasto, hal itu bagus dan ia menyampaikan selamat atas kolaborasi Nasdem dengan PKS.

Menurut dia, PDIP yang dipimpin Megawati Soekarnoputri tidak masuk dalam pusaran koalisi yang dibangun parpol. Namun, kata dia, PDIP saat ini fokus turun ke bawah untuk menyerap aspirasi masyarakat. Hasto menegaskan PDIP tak akan berkoalisi dengan PKS. 

“Ya, kalau dengan PKS tidak. Bagi PDI Perjuangan, keyakinan yang kami tempuh adalah turun ke bawah ke desa-desa menyerap aspirasi masyarakat desa, membantu memulihkan dari dampak pandemi COVID-19,” tutur Hasto di sela-sela rakernas, Sekolah Partai Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis, 23 Juni 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya