Puan Sebut Belum Ada Tanda-tanda Megawati Tunjuk Dirinya Jadi Capres

Ketua DPR RI Puan Maharani
Sumber :

VIVA – Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani mengatakan bahwa belum ada tanda-tanda dirinya akan ditunjuk sebagai bakal calon presiden dari partai berlambang banteng moncong putih tersebut.

Prabowo Akan Temui Megawati setelah Pertemuan dengan SBY, Menurut TKN

"[Saya] belum ditunjuk, belum ada tanda-tanda juga," kata Puan di sela-sela Festival Bakar Ikan Nusantara, Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Sabtu, 25 Juni 2022.

Dia menegaskan penunjukan bakal calon presiden merupakan hak prerogatif Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Hal itu juga menjadi hasil Rapat Kerja Nasional II PDIP tahun 2021 agar seluruh kader menunggu keputusan Megawati soal bakal calon presieden dan calon wakil presiden.

Tersebar Percakapan Habib Bahar dan Hercules, Ini yang Dibahas

Ilustrasu PDIP ketika usung Joko Widodo jadi calon presiden 2019

Photo :
  • Biro Pers Istana

Begitu pun soal isu Ketua DPR RI itu akan diduetkan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo belum ada tanda-tanda dari PDIP. Dalam Rakernas, katanya mengingatkan, telah ditegaskan bahwa penentuan calon presiden dan calon wakil presiden dari PDIP merupakan hak prerogatif Megawati Soekarnoputri sebagai ketua umum.

Incumbent Mba Ita Isyaratkan Tak Maju Pilwakot Semarang: Saya Ingin Pensiun

Dia juga meminta semua pihak menunggu keputusan resmi dari Megawati soal bakal capres dan cawapres usungan PDIP. "Kita tunggu saja bagaimana perhitungan dan bagaimana Ibu Megawati menentukan," ujar Puan.

Pujian Megawati

Puan Maharani sebelumnya mengatakan bahwa PDIP hingga kini belum membicarakan siapa pun yang akan diusung sebagai calon presiden maupun calon wakil presiden pada pemilu 2024.

"Ibu Ketua Umum mengatakan bahwa sesuai dengan amanat Kongres, maka Ketua Umum PDI Perjuangan mempunyai hak prerogatif untuk menentukan siapa capres dari PDI Perjuangan," kata Puan di sela-sela Rakernas II PDIP di Jakarta, pada 22 Juni.

Partai berlambang banteng moncong putih itu lebih mementingkan untuk menjaga soliditas di internal.

Ketika ditanya soal makna pernyataan Megawati dalam Rakernas yang memujinya dalam pelaksanaan tugas sebagai ketua International Parliamentary Union (IPU) merupakan isyarat bahwa Puan akan dijadikan capres, dia menjawab, "Lho, kan tadi sudah disampaikan oleh Ibu Megawati bahwa ini bukan karena anaknya lho, oleh karena itu ini bukan sinyal". (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya