Haedar Nashir dan Sultan HB X Diusulkan Jadi Capres

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir.
Sumber :
  • Dok. PP Muhammadiyah

VIVA - DPD Partai Amanat Nasional Kota Yogyakarta mengusulkan sejumlah nama untuk diusung sebagai capres pada Pilpres 2024 ke DPP PAN. Nama-nama tokoh dari Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir hingga Gubernur DIY Sri Sultan HB X diusulkan DPD PAN Kota Yogyakarta dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) yang digelar Minggu, 26 Juni 2022, malam.

Hakim MK Buka Suara soal Megawati Ajukan Amicur Curiae Terkait Sengketa Pilpres 2024

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X

Photo :
  • ANTARA/Luqman Hakim

Ada 6 Nama

Elite PAN: Megawati Berhak Ajukan Amicus Curiae tapi Hakim yang Putuskan Diperlukan atau Tidak

Ketua DPD PAN Kota Yogyakarta Arief Noor Hartanto menyatakan sejumlah nama yang diusulkan oleh PAN untuk menjadi capres 2024 ada enam nama. Enam nama ini yaitu Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur DIY Sri Sultan HB X, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Menteri BUMN Erick Thohir dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti.

"Usulan nama-nama ini memang tidak kami urutkan siapa yang tertinggi, tetapi yang jelas secara umum mereka sesuai dengan usulan masyarakat," ujar Arief.

Setelah Megawati, Habib Rizieq Shihab Hingga Din Syamsuddin Ajukan jadi Amicus Curiae ke MK

Baca juga: Elite Golkar Prediksi KIB Bakal Umumkan Capres Akhir Tahun Ini

Dua Petinggi Muhammadiyah

Dari enam nama yang diusulkan DPD PAN Kota Yogyakarta ada dua nama petinggi Muhammadiyah yang masuk. Dua nama ini adalah Haedar Nashir dan Abdul Mu'ti. Munculnya dua nama itu disebut Arief sebagai usulan dari arus bawah.

"Kalau dari unsur persyarikatan (Muhammadiyah) kami sempat melakukan audiensi seluruh jajaran hadir merekomendasikan untuk nama tersebut juga. Kemudian muncullah dua nama tersebut," kata Arief.

Sultan HB X Dinilai Punya Karakter Sebagai Pemimpin

Arief membeberkan untuk nama Sultan HB X merupakan usulan dari sejumlah kader dan pengurus DPD PAN Kota Yogyakarta. Nama Sultan HB X sebelumnya juga diusulkan oleh DPD PAN Kabupaten Bantul untuk masuk ke dalam nama tokoh potensial yang akan diajukan di Pilpres 2024.

Arief menuturkan sosok Sultan HB X diusulkan karena memiliki karakter dan rekam jejak yang kuat sebagai pemimpin. Selain itu, Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat ini juga dinilai memenuhi kriteria sebagai seorang pemimpin bangsa.

"Karena mereka menganggap bahwa Ngarso Dalem (Sultan HB X) ini juga memiliki kriteria yang kuat," kata Arief.

Rekam Jejak yang Baik di Masyarakat

Sementara itu, Sekretaris DPD PAN Kota Jogja RifkibListiyanto menambahkan nama-nama yang diusulkan tersebut memiliki rekam jejak yang baik di mata masyarakat. Dalam proses pemilihan ada lima kriteria yang memiliki nilai tinggi hingga mengerucut pada nama tersebut.

Rifki menerangkan kriteria tersebut adalah nasionalis-religius, rekam jejak kepemimpinan yang kuat dan berpihak pada kelanjutan generasi, memiliki semangat inovasi dan kolaborasi.

"Satu kriteria lagi yaitu berwawasan nusantara dan berperspektif global. Nama-nama yang kami usulkan ini semuanya sesuai dengan kriteria tersebut. Alasan kami sangat kuat untuk memutuskan," kata Rifki.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya