Survei: Head to Head Dengan Prabowo, Ganjar dan Anies Kalah Jauh

Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan capres teratas di survei
Sumber :
  • ist

VIVA – Posisi Prabowo Subianto sebagai bakal Capres 2024, masih menempati urutan pertama berdasarkan hasil survei. Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo yang ada di bawahnya. Hampir sama dengan survei-survei yang dilakukan beberapa lembaga.

Prabowo Segera Bahas Koalisi Setelah Ditetapkan Jadi Presiden Terpilih Besok

Indonesia Polling Stations (IPS) sebagai salah satu lembaga survei, merilis hasil terbaru mereka tentang elektabilitas capres di tengah hiruk pikuk koalisi partai-partai politik. Hasilnya, elektabilitas Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto unggul jauh atas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Anies Baswedan. 

Peneliti Senior IPS, Alfin Sugianto mengatakan, ketika IPS membuat simulasi head to head, elektabilitas Prabowo leading sangat jauh dari Ganjar dan juga Anies. Padahal, dua tokoh itu kerap disebut-sebut sebagai pesaing terdekat Prabowo menuju Pilpres 2024.

Terima Kasih ke Tim Hukumnya, Prabowo Subianto Ajak Seluruh Pihak Kembali Bersatu

"Ketika IPS mengajukan pertanyaan kepada responden, siapakah yang akan dipilih jika pilpres dilaksanakan hari ini. Jawabnya, sebanyak 29,8 persen publik mengaku akan memilih Prabowo Subianto," kata Alfin dalam keterangan persnya, Senin, 27 Juni 2022.

Rilis Survei Capres Lembaga Indonesia Polling Stations (IPS)

Photo :
  • VIVA/ Anwar Sadat
Tak Lapor Surya Paloh, Waketum Nasdem Klaim Temui Prabowo Tanpa Wakili Partai

Menurut Alfin, nama Ganjar Pranowo berada di posisi kedua dengan elektabilitas 20,6 persen. Diikuti Anies Baswedan 16,8 persen. Sedangkan dalam pertanyaan tertutup yang menyajikan 16 nama tokoh, elektabilitas capres-capres lain seperti Sandiaga Uno, Ridwan Kamil, Agus Harimurti Yudhoyono, Erick Thohir dan tokoh-tokoh lainnya sangat jauh dengan elektabilitas Prabowo.

Ketika IPS membuat simulasi mempertemukan head to head Prabowo Subianto dengan Ganjar Pranowo, hasilnya Ketua Umum Partai Gerindra tersebut melesat jauh mengungguli Ganjar.

Menurut Alfin, dalam pertanyaan siapa yang akan dipilih jika Pilpres 2024 hanya diikuti dua capres, yakni Prabowo dan Ganjar hasilnya masih unggul Prabowo. Sebanyak 62,1 persen responden mengaku akan memilih Prabowo, dan hanya 34,4 persen yang menegaskan pilihannya pada Ganjar. 

"Begitu pula ketika dibuat simulasi Pilpres 2024 hanya diikuti oleh dua capres, Prabowo dan Anies, sebanyak 61,5 persen responden mengaku akan memilih Prabowo dan hanya 35,2 persen yang menegaskan pilihannya pada Anies," jelasnya.

Selain Prabowo, Ganjar dan Anies, yang berada di 3 teratas, IPS juga menguji elektabilitas sejumlah tokoh lainnya. Berikut hasilnya:

Prabowo Subianto 29,8 persen
Ganjar Pranowo 20,6 persen
Anies Baswedan 16,8 persen
Sandiaga Uno 6,8 persen
Ridwan Kamil 6,2 persen
Ahok 3,8 persen
Dedi Mulyadi 2,8 persen
AHY 2,4 persen
Erick Thohir 2,0 persen
Moeldoko 1,8 persen
Mahfud MD 0,8 persen
Gatot Nurmanyto 0,8 persen 
Airlangga Hartarto 0,6 persen
La Nyalla Mattalitti 0,6 persen
Muhaimin Iskandar 0.6 persen
Puan Maharani 0,6 persen
Undecided 3,0 persen

Survei ini dilakukan tanggal 13 sampai 23 Juni 2022 di 34 (tiga puluh empat) provinsi yang ada di seluruh Indonesia. Pengambilan sampel dilakukan secara probability dengan teknik acak bertingkat (multistage random sampling). 

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka. Jumlah sampel sebesar 1.220 responden, dengan margin of error +/- 2,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya