Imbas Elektabilitas, Cak Imin Diminta Tidak Konflik Dengan Yenny Wahid

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di Pasuruan, jatim.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Perseteruan kembali Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, dengan putri Gus Dur yakni Yenny Wahid, dinilai bisa mempengaruhi elektabilitas PKB dan Cak Imin sendiri yang hendak maju di Pilpres 2024.

Sinyal Anies Maju Pilkada DKI 2024, PKS: Kalau Memang Cocok, Why Not?

Pengamat politik Arif Nurul Imam menjelaskan, yang mendapat dampak dari perseteruan itu adalah Cak Imin sendiri dan PKB.

"Sedikit banyak ada pengaruh (elektabilitas Cak Imin dan PKB). Terutama jamaah NU dan Gusdurian parti akan antipati pada Cak Imin dan PKB. Jika antipati tentu dari potensial mendukung jadi tidak mendukung dalam pilpres," jelas Arif, saat dihubungi, Rabu 29 Juni 2022.

Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar: Saya Ambil Hikmahnya PDIP Nyungsep

Jelang pemilu pada 2024 mendatang, semua partai dan juga bakal capres, berlomba-lomba meningkatkan elektabilitas mereka. Maka jika konflik ini terus dilakukan, juga akan memberi dampak pada turunnya elektabilitas Cak Imin.

Arif yang juga Direktur IndoStrategi Research and Consulting itu, menilai tidak perlu bagi Cak Imin dan atau PKB sekalipun, membangun konflik tersebut.

PKB dan PKS Sepakati Koalisi di Pilkada Serentak 2024, Khususnya di Jateng dan Jatim

"Persuasif saja tak usah membangun peta konflik dengan NU termasuk Yenny Wahid dan Gusdurian," kata Arif.

Berbalas Cuitan

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyindir keras putri Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid, Zaanuba Arifah Chafsoh alias Yenny Wahid. 

Cak Imin tegas menyebut Yenny itu bukan bagian PKB. Cak Imin menulis sindiran itu melalui akun Twitternya, @cakiminNow. Wakil Ketua DPR RI itu menyebut Yenny gagal bikin partai sendiri dengan tidak pernah lolos Pemilu. 
"Yeni itu bukan PKB, bikin partai sendiri aja gagal lolos," tulis Cak Imin di akun Twitternya yang dikutip VIVA, Kamis, 23 Juni 2022.

Menjawab itu, putri mendiang mantan Presiden Abdurrahman Wahid, Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid, membalas reaksi Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar dalam cuitan di akun Twitter masing-masing. 

"Hahaha inggih Cak. Tapi ndak usah baper to, Cak. Dan memang benar, saya bukan PKB Cak Imin. Saya kan PKB Gus Dur. ????," tulis Yenny di akun Twitter-nya, merespons cuitan Cak Imin, panggilan akrab Muhamin Iskandar, pada Kamis, Kamis, 23 Juni 2022. 

"Cak Imin juga belum tentu lho bisa bikin partai sendiri.. kan bisanya mengambil partai punya orang lain. Peace, Cak ??," tulis Yenny lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya