Elite MUI Apresiasi Jokowi ke Ukraina: Saya Hormat Keputusan Beliau

Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Anwar Abbas (Instagram/smart.gram)
Sumber :

VIVA – Wakil Ketua Umum MUI yang juga merupakan Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Anwar Abbas mengapresiasi misi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mendamaikan Ukraina dan Rusia melalui kunjungan kepada dua pemimpin negara tersebut.

Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

"Hal ini, bagi saya secara pribadi, merupakan satu hal yang harus saya apresiasi karena beliau sudah melaksanakan tugasnya sesuai dengan perintah dan amanat dari konstitusi, di mana kita sebagai bangsa Indonesia harus bisa berperan aktif dalam ikut menjaga ketertiban dunia," kata Anwar, Rabu, 29 Juni 2022, sebagai dilansir dari ANTARA.

Di samping itu, ia pun mengungkapkan rasa salut atas keberanian Presiden Jokowi mengunjungi dua daerah yang sedang berkonflik tersebut.

Jokowi Bakal Siapkan Program Unggulan Prabowo-Gibran Masuk dalam RAPBN 2025

Anwar menilai upaya mendamaikan Ukraina dan Rusia memang perlu dilakukan untuk menutup kemungkinan terjadinya peningkatan ketegangan antara kedua belah pihak.

Presiden Jokowi diterima Presiden Zelensky di Istana Maryinsky Kiev

Photo :
  • Istana Kepresidenan/Agus Suparto via Sekretariat Kabinet
Petinggi PPP Minta Pimpinan Realistis Segera Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Bahkan, menurut dia, apabila peningkatan ketegangan antara Ukraina dan Rusia tidak terkendali, hal tersebut dapat memicu kemunculan perang dunia ketiga.

"Kemungkinan, apabila eskalasi dan ketegangan antara pihak-pihak yang bertikai tersebut terus meningkat serta tidak terkendali, maka tidak mustahil perang dunia ketiga yang sama-sama tidak kita harapkan malah bisa terjadi," kata dia.

Dengan demikian, Anwar memandang misi perdamaian yang dibawa Presiden Jokowi patut dihormati dan dihargai. Dia pun menilai Jokowi telah melaksanakan tugasnya sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan.

"Saya melihat Jokowi sudah melaksanakan tugasnya sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan dan saya hormat atas keputusan beliau tersebut," ujar Anwar.

Saat ini,  Jokowi yang didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan rombongan terbatas sudah tiba di Kyiv, Ukraina.

Dalam foto-foto yang dikirimkan Biro Pers Sekretariat Presiden, saat tiba di Kyiv, Presiden dikawal oleh anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) serta sejumlah tentara Ukraina yang membawa laras panjang serta mengenakan pin atau lencana kecil berupa bendera Indonesia-Ukraina.

Pada pukul 15.00 waktu setempat, Jokowi disambut oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina. Saat Jokowi turun dari kendaraan, Zelenskyy tampak sudah menunggu di pintu istana. Kedua pemimpin negara itu lantas saling menyodorkan tangan bersalaman dan menyapa satu sama lain. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya