Maruf Amin: Tjahjo Kumolo Kerja Siang Malam Untuk Reformasi Birokrasi

Wakil Presiden RI KH. Ma'ruf Amin
Sumber :
  • VIVA / Irfan (Makassar)

VIVA – Wakil Presiden Maruf Amin ikut berduka meninggalnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo. Wapres mengikuti proses salat jenazah dan penyerahan jenazah Tjahjo untuk dimakamkan. 

Momen Jokowi-Ma'ruf Amin Salat Id di Istiqlal

Maruf mengatakan, bahwa Indonesia sangat kehilangan sosok Tjahjo yang selama ini mengabdi kepada bangsa dan negara. Maruf mengatakan, banyak prestasi yang dicapai Tjahjo selama memimpin Kementerian PAN-RB.

"Beliau yang saya tahu kebetulan berada di bawah koordinasi saya mengenai reformasi birokrasi, beliau terus bekerja siang malam melakukan langkah-langkah reformasi birokrasi dengan sistem melakukan perubahan-perubahan besar. Tapi Allah menghendaki beliau sampai di sini," kata Maruf, Jumat 1 Juli 2022.

Besok Lebaran, Wapres Ma'ruf Ucapkan Selamat Rayakan Hari Kemenangan

Lebih lanjut wapres mengatakan, beberapa waktu lalu saat Tjahjo masih dalam perawatan, Maruf masih sempat melakukan komunikasi. Salah satunya yakni memberikan laporan atas pekerjaan yang dilakukan oleh Tjahjo.

Jenazah Tjahjo Kumolo Tiba di Rumah Duka

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Harapan Wapres Maruf Amin Terhadap KSAU Baru Marsdya Tonny Harjono

"Ada beberapa waktu yang lalu memang selalu saya selalu berkonsultasi dengan beliau dan beliau selalu memberi buku ke saya, memberikan laporan-laporanya dalam bentuk buku, rajin sekali dan kalau sidang kabinet ada buku ke saya ke Pak Jokowi, jadi report-nya dalam bentuk buku-buku, ada segini, beberapa kali jadi beliau bekerja," jelasnya.

Bahkan, pada saat jatuh sakit, kata Maruf, Tjahjo masih sempat melakukan inisiatif untuk berjalannya Mal Pelayanan Publik atau MPP. Pada saat itu Tjahjo menyelenggarakan koordinasi antar lembaga, kememterian hingga pihak swasta.

"Saya kira terakhir itu beliau sudah agak sakit tapi menyelenggarakan koordinasi antara kementerian/lembaga gubernur, wali kota, dalam rangka mempercepat mal pelayanan publik MPP, saya rasa itu," ujar Maruf.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya