Tjahjo Kumolo Wafat, PDIP Jabar Kibarkan Bendera Setengah Tiang

DPD PDIP Jawa Barat gelar bendera setengah tiang karena Tjahjo Kumolo wafat.
Sumber :
  • Istimewa/Adi Suparman

VIVA – Wafatnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo menyisakan duka untuk kader PDI Perjuangan (PDIP). Politikus senior PDIP itu sudah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat sore, 1 Juli 2022. 

Jokowi Didampingi 2 Menteri dari PDIP ke BSD, Hadiri Acara Ini

Sebagai bentuk penghormatan terhadap Tjahjo, DPD PDIP Jawa Barat memberlakukan bendera setengah tiang. Aksi bendera setengah tiang itu dilakukan di Sekretariat DPD PDIP Jabar, Jalan Pelajar Pejuang, Kota Bandung. 

"Kita tadi siang baru kehilangan kader PDIP perjuangan, mantan Sekjen DPP PDI Pak Tjahjo Kumolo yang kebetulan juga Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara. Jadi, tentu PDIP perjuangan berduka," kata Sekretaris DPD PDIP Jabar Ketut Sustiawan, Jumat 1 Juli 2022.

Sindir PDIP yang Gugat KPU ke PTUN, Nusron: Silakan, Tidak Berdampak Apa-apa

Pemakaman Menpan RB Tjahjo Kumolo

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Menurutnya, bendera setengah tiang dikibarkan sebagai tindak lanjut dari instruksi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP. Adapun bendera merah putih setengah tiang di bakal dipasangi selama tujuh hari ke depan. Dia mengatakan sosok almarhum sebagai salah satu kader terbaik PDIP.

Respons Santai Jokowi Sudah Tak Dianggap Kader PDIP Lagi: Terima Kasih

"Untuk menghormati jasa almarhum, nah Dewan Pimpinan Pusat partai mengambil keputusan untuk di seluruh sekretariat partai itu memasang bendera merah putih setengah tiang. Jadi, ini rasa berkabung bagi kader PDIP perjuangan selama tujuh hari," katanya.

Bagi pengurus partai PDIP di Jabar, menurut Ketut, Tjahjo merupakan sosok pekerja keras dan dikenal baik. Tjahjo saat menjabat Sekretaris Jenderal DPP PDIP juga dikenal begitu cermat dalam mengelola berbagai isu partai dan disiplin.

"Pak Tjahjo ini kan mantan Sekjen tahun 2005 dan 2010, beliau adalah pekerja keras dan sosok yang baik ya, yang kita kenal dan memang sangat cermat di dalam mengelola isu partai selama ini," kata dia.

Sebelumnya, Tjahjo dilaporkan meninggal dunia di RS Abdi Waluyo, Jakarta Pusat, pukul 11.10 WIB.  Tjahjo sempat dirawat di rumah sakit sejak 20 Juni 2022. Pihak keluarganya mengatakan almarhum menderita infeksi yang menjalar hingga paru-parunya.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya