Tjahjo Kumolo Organisatoris Hebat, Kata Ganjar Pranowo

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo.
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo.
Sumber :
  • Dok. Humas Kementerian PANRB

VIVA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghadiri proses pemakaman Tjahjo Kumolo di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan pada Jumat 1 Juli 2022 sore. Ganjar mengatakan bahwa Tjahjo Kumolo adalah sosok organisatoris yang hebat.

"Terakhir ketemu saat Jokowi menikahkan adiknya, kami ngobrol satu meja dengan beberapa menteri," kata Ganjar saat ditemui oleh wartawan di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat 1 Juli 2022.

Ganjar sedikit bercerita bahwa saat di acara pernikahan adik Presiden Jokowi tersebut dia dan Tjahjo sempat berbincang-bincang. Selain itu pertemuan mereka dibumbui oleh sedikit guyonan hangat. Kondisi Tjahjo pada saat itu dalam keadaan sehat walafiat.

"Tahu-tahunya Beliau di RS ya kita berdoalah semoga Beliau dosanya diampuni dan seluruh amal ibadah diterima Allah SWT," ucap Ganjar.

Lanjut Ganjar, dirinya baru mengetahui kabar tersebut saat dikirimkan pesan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dan mendapatkan informasi dari pihak lain. "Semua orang konfirmasi dan saat itu hampir seluruh orang yang punya nomor saya menyampaikan berita duka ke saya," tambahnya.

Ganjar juga mendapatkan pesan dari banyak orang yang ingin menyampaikan rasa dukanya kepada ke keluarga, partai, pemerintahan.

"Tapi mungkin karena punya nomor saya, ya titip salam kepada keluarganya. Kami ikut mendoakan dan berbela sungkawa," kata dia lagi.