Misi Perdamaian Jokowi Dinilai Bisa Mitigasi Ancaman Kemanusiaan

Presiden Ukraina Zelensky berbincang dengan Presiden Jokowi
Presiden Ukraina Zelensky berbincang dengan Presiden Jokowi
Sumber :
  • Istana Kepresidenan/Agus Suparto via Sekretariat Kabinet

VIVA – Lawatan Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke Ukraina dan Rusia dinilai bisa berikan dampak positif terhadap dua negara yang berkonflik. Selain itu, misi perdamaian yang dibawa ala Jokowi juga punya efek baik terhadap dunia

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menilai demikian karena kunjungan Jokowi ke Ukraina-Rusia penting. Dengan demikian, misi Jokowi tidak hanya berdampak pada kedua negara berkonflik. 

Menurut dia, konflik Ukraina dan Rusia akan membawa dampak terhadap dalam krisis pangan. Ia menyebut dengan merujuk data Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), sebanyak 1,6 miliar orang di berbagai negara bakal menanggung dampak perang antara Ukraia dan Rusia.

“Kunjungan Jokowi ke Ukraina dan Rusia membawa motif kemanusiaan. Kalau tidak ada yang mendamaikan, maka dunia terancam krisis pangan serius, apalagi Ukraina produsen gandum dan Rusia pupuk," kata Burhanuddin dalam keterangannya yang dikutip pada Minggu, 3 Juli 2022.

Dia mengatakan, krisis pangan nanti bakal berdampak terhadap persoalan yang lebih serius yakni krisis kemanusiaan. Maka itu, tak mengherankan jika lawatan Jokowi ke Ukraina dan Rusia disorot dan dapat apresiasi.

Presiden Jokowi temui Presiden Putin.

Presiden Jokowi temui Presiden Putin.

Photo :
  • ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev

Lawatan yang tepat