Rayu Golkar Bikin Koalisi 2024, PD Ungkit Kegemilangan Era SBY

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) beri penghargaan ke SBY.
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) beri penghargaan ke SBY.
Sumber :
  • Dok. Demokrat

VIVA Politik - Partai Demokrat (PD) mengajak Partai Golkar untuk menyusun koalisi bareng untuk menyongsong Pilpres 2024. Dari segi kursi parlemen, suara gabungan dua partai politik (parpol) itu dianggap sudah mencukupi untuk mengusung capres-cawapres 2024.

Saat ini, Golkar mempunyai sebanyak 85 kursi atau 14,78 persen di parlemen. Sementara, PD memiliki 54 kursi atau 9,3 persen di DPR. Artinya, kedua parpol itu sudah memenuhi syarat presidential threshold sebesar 20 persen.

"Kerja sama Demokrat dengan Golkar cukup bagi kedua partai sebagai jangkar untuk mengantarkan kandidat presiden dan wakil presiden," kata Deputi Analisa Data dan Informasi Balitbang DPP PD Syahrial Nasution kepada wartawan, Selasa, 5 Juli 2022.

Airlangga Hartarto bertemu dengan AHY di Widya Chandra, Sabtu, 7 Mei 2022.

Airlangga Hartarto bertemu dengan AHY di Widya Chandra, Sabtu, 7 Mei 2022.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Wilibrodus.

Menurut Syahrial, kerja sama PD-Golkar dapat menjadi solusi terciptanya stabilitas politik. Selain itu, bisa juga mendukung perbaikan iklim demokrasi dan kembali menggenjot roda ekonomi yang saat ini terus terpuruk.

Dia pun menyinggung era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat menjadi Presiden RI selama periode 2004-2014 yang didukung Golkar dan sejumlah parpol. Bagi dia, ada banyak catatan positif yang dicapai pemerintahan SBY.

"Sejarah mencatat bagaimana pemerintahan Pak SBY selama dua periode yang ikut didukung Golkar dan beberapa partai politik lainnya berjalan gemilang. Tidak ada polarisasi politik identitas yang mengakar," tutur Syahrial.