RK Cocok Jadi Cawapres Pendongkrak Elektabilitas, Ini Alasannya

Ridwan Kamil
Sumber :
  • VIVA/ Adi Suparman

VIVA Politik – Ketua Umum Perkumpulan Survei Opini Publik Indonesia (Persepi), Philips J Vermonte menyampaikan Ridwan Kamil memiliki suara yang solid di Jawa Barat atau Jabar. Perolehan dukungan terhadap Ridwan Kamil atau RK juga sangat konsisten meskipun hanya 1 sampai 2 persen kenaikannya.

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Philips menyampaikan demikian merujuk temuan hasil survei yang dirilis CiGMark pada Selasa, 5 Juli 2022.

"Ridwan Kamil solid suara (dukungannya) di Jabar," kata Philips kepada wartawan, Selasa, 5 Juli 2022.

Prabowo dan Gibran Bakal Temui Jokowi Nanti Malam

Philips menjelaskan, Jabar merupakan wilayah dengan jumlah pemilih dalam pemilihan umum (pemilu) yang sangat besar. Maka itu, Jabar nanti bisa mendongkrak perolehan suara di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Ridwan Kamil

Photo :
  • Instagram @ataliapr
Gibran Diberi Wejangan Ma'ruf Amin: Presiden dan Wakil Presiden Harus Kompak

Kata dia, calon presiden (capres) yang punya suara kuat di Jawa Tengah dan Jawa Timur bisa menggandeng Ridwan Kamil sebagai cawapres. Gubernur Jawa Barat itu jika diplot sebagai cawapres dinilai sangat kontributif dalam meningkatkan elektabilitas suara pasangannya kelak.

"Dari dulu, pemilu sampai sekarang, kandidat itu berkonsentrasi untuk memenangkan suara di Jawa. Jika kandidat ini merasa suaranya kurang solid di Jabar, maka bisa bersama Ridwan Kamil karena dia solid di Jabar," tuturnya.

Menurutnya, sosok RK bisa melengkapi kandidat lain yang tak bisa mengeruk suara di Tanah Pasundan. Kata dia, RK cukup kontributif melengkapi skenario pasangan capres-cawapres.

"Jadi, kalau kemungkinan calon lain bisa ambil suara di Jateng dan Jatim, Ridwan Kamil juga bisa memenuhi kemampuan calon yang tidak bisa ambil suara di Jabar," lanjutnya.

"Dia cukup kontributif baik dengan skenario yang mana saja. Suara Jabar bisa mengimbangi Jateng dan Jatim," kata Philips.

Lebih jauh, Philips menyebut meningkatnya dukungan suara terhadap Ridwan Kamil ini terbilang konsisten. Dia bilang, komunikasi Ridwan Kamil melalui media sosial secara konsisten mampu menarik suara khususnya bagi para pemilih yang berusia muda.

"Jadi, komunikasi di Instagram, Facebook, Twitter dan lainnya yang dilakukan RK sangat efektif. Sebab dia melakukan komunikasi publik secara konsisten, itu menyumbang elektabilitasnya," sebutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya