PKS Respons Kans Koalisi PKB-Gerindra: Biasa Bertepuk Sebelah Tangan

Sekretaris Jenderal DPP PKS Habib Aboe Bakar Alhabsy
Sumber :
  • Dok. PKS

VIVA Politik – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengaku masih berhubungan baik dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sejak kedua partai mewacanakan membentuk koalisi untuk pemilu presiden yang mereka namai Koalisi Semut Merah. Padahal, kini PKB makin dekat dengan Partai Gerindra dan bersepakat membentuk koalisi yang disebut Kebangkitan Indonesia Raya.

PKS Berterima Kasih kepada Anies-Cak Imin dan Merasa Bangga Jadi Koalisi Perubahan

“Bagus [komunikasi dengan PKB],” kata Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Al-Habsy kepada wartawan di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 6 Juli 2022.

Saat disinggung soal nasib PKS yang seolah-olah ditinggalkan oleh PKB dari Koalisi Semut Merah, Aboe membantah anggapan tersebut. Aboe menganggap partainya tidak ditinggalkan karena wacana Koalisi Semut Merah itu yang memprakarsai memang PKS.

Cak Imin Puji Militansi PKS di Pilpres 2024: 'Kalau Mau Berjuang Ya Hanya dengan PKS'

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin bersama perempuan NU DKI.

Photo :
  • Istimewa

Namun, Aboe menyatakan bahwa partainya sudah terbiasa dengan kawan politik yang pada akhirnya bermanuver. “Kita biasa ada yang bertepuk sebelah tangan, ada yang bersama. Tunggu saja keputusan nanti, ya,” ujarnya.

Presiden PKS: Saatnya Pak Anies Mendukung Kader PKS untuk Maju di Pilkada DKI

Partai Gerindra telah memastikan bahwa rencana koalisi dengan PKB bukan candaan atau sekadar manuver politik. Kedua partai makin serius membangun kerja sama untuk menghadapi pemilu 2024.   

“Bener, kok, Gerindra dan PKB sudah sepakat untuk berkerja sama atau berkoalisi untuk bersama-sama menghadapi pemilu tahun 2024,” kata Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu pekan lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya