Masyarakat Perdesaan Madura Anggap Ganjar Pranowo Berjasa bagi Desa

Deklarasi dukungan masyarakat perdesaan di Pulau Madura, Jawa Timur, untuk Ganja Deklarasi dukungan masyarakat perdesaan di Pulau Madura, Jawa Timur, untuk Ganjar Pranowo agar maju sebagai calon presiden pada pemilu tahun 2024, Kamis, 7 Juli 2022.
Sumber :
  • ANTARA/Abd Aziz

VIVA Politik – Masyarakat perdesaan di Pulau Madura, Jawa Timur, menyuarakan dukungan kepada Ganjar Pranowo untuk maju sebagai calon presiden pada pemilu tahun 2024 karena dinilai memiliki komitmen kuat dalam ikut memajukan dan memperjuangkan kesejahteraan masyarakat di perdesaan.

Banjir dan Longsor di Luwu Sulawesi Selatan, 12 Desa Terisolir

"Bagi kami Ganjar Pranowo adalah sosok yang berjasa pada masyarakat desa, melalui perjuangannya mengesahkan Undang-Undang Nomor 6 tahun 2015 tentang Desa, sewaktu menjabat di Komisi II DPR RI," kata juru bicara warga M Ishaq dalam keterangan tertulis di Pamekasan, Jawa Timur, Jumat, 8 Juli 2022.

Secara simbolis, deklarasi dukungan kepada Ganjar Pranowo itu telah digelar di area Pelabuhan Branta, di Desa Branta Pesisir, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan, Jawa Timur, Kamis.

Daerah yang Suskes Kelola Dana Desa Dapat Bonus hingga Rp 150 Juta, Kemenkeu Kasih Bukti

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Photo :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

Masyarakat desa perwakilan dari 961 desa dari 72 kecamatan dari empat kabupaten di Pulau Madura menyatakan bersedia dan komitmen untuk mendukung Ganjar Pranowo yang kini menjabat orang nomor satu di Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tersebut.

Jokowi Teken UU Desa, Kades Bisa Menjabat Maksimal 16 Tahun

Hal itu karena diyakini sebagai figur yang akan membawa perubahan yang lebih baik, khususnya masyarakat yang tinggal di perdesaan, apabila menjadi presiden Republik Indonesia.

Saat itu, mereka juga langsung membentuk koordinator relawan desa dengan perincian di Kabupaten Pamekasan sebanyak Pamekasan 178 orang, Sumenep 330 orang, Sampang 180 orang dan di Kabupaten Bangkalan sebanyak 273 orang.

"Ini murni pergerakan dari bawah, khususnya wilayah Madura betul-betul menginginkan Pak Ganjar menjadi Presiden. Jadi deklarasi yang kami gelar atas kecintaan masyarakat desa kepada Ganjar Pranowo," kata M Ishaq yang juga Korwil Desa se-Madura itu.

Hadirin bukan hanya petani, tetapi dari berbagai latar belakang berbeda, seperti kiai, ulama, habib, juga dari kalangan pemuda-pemudi, ibu rumah tangga, pedagang, wiraswasta, dan nelayan.

Kaus hitam bertuliskan "Des Ganjar" merupakan seragam dari peserta deklarator masyarakat desa pendukung Ganjar Pranowo. Petunjukan berbagai kesenian tradisional dari daerah berjuluk Pulau Garam itu mewarnai perjalanan menuju ikrar dukungan kepada Ganjar.

Ketua Dewan Pengarah Des Ganjar Wargiyati mengapresiasi antusias warga Madura dalam berupaya mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden RI 2024 itu. "Luar biasa sekali antusiasme masyarakat Madura, walaupun baru kali ini masuk menyosialisasikan, tapi hasilnya luar biasa," katanya. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya