Gerindra Kantongi Cawapres Prabowo, PKB Pede Cak Imin yang Dipilih

Ketum Gerindra Prabowo Subianto bertemu dengan Ketum PKB Cak Imin.
Sumber :
  • Twitter @cakimiNOW

VIVA Politik – Partai Gerindra mengaku sudah mengantongi nama kandidat calon wakil presiden atau cawapres untuk Prabowo Subianto. Rencananya, Prabowo akan dikukuhkan sebagai bakal capres dalam forum Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas).

Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Menanggapi itu, elite Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menghormati mekanisme internal Gerindra. Ketua DPP PKB Lukmanul Khakim menyebut cara Gerindra menentukan sosok capres dan cawapres sebagai tahakan mekanisme internal.

"PKB dalam posisi menghormati mekanisme partai gerindra dalam menentukan capres - cawapres, itu mekanisme internal, tentu kami hormati tahapan demi tahapannya," kata Lukman, sapaan akrabnya saat dihubungi VIVA, Senin malam, 11 Juli 2022.

Suami Sandra Dewi Tersandung Korupsi Timah, Aiman Senang Kasusnya Disetop 

Meski demikian, ia optimis Prabowo dan Gerindra akan memilih Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai cawapres. Bagi dia, duet Prabowo-Cak Imin sebagai pasangan yang hoki dan saling melengkapi.

Ketum Gerindra Prabowo Subianto bertemu dengan Ketum PKB Cak Imin.

Photo :
  • Dok. Lukmanul Khakim
Penampilan Makin Sopan, Nikita Mirzani Ternyata Diawasi Rizky Irmansyah

Menurut Lukman, baik Prabowo dan Cak Imin merupakan tokoh politik yang punya rekam jejak pengalaman panjang.

"Kami sih yakin, pasangan Prabowo-Gus Muhaimin bisa berlayar ikut Pilpres 2024. Keduanya sosok yang saling melengkapi. Keduanya memiliki pengalaman yang panjang dalam leadership. Saya yakin ini pasangan yang hoki," jelas Lukman.

Baca Juga: Gerindra Sebut Cawapres Prabowo Sudah Ada tapi Masih Dirahasiakan

Dalam dinamika politik menuju 2024, PKB dan Gerindra saat ini tengah lengket. Dua parpol itu sepakat membentuk koalisi dini untuk persiapan Pilpres 2024.

Koalisi Gerindra-PKB itu dibentuk dengan nama Kebangkitan Indonesia Raya hingga Silaturahmi Indonesia Raya. Meski belum resmi mengusung pasangan capres-cawapres, ada suara terutama elite PKB yang menggaungkan duet Prabowo-Cak Imin.

Adapun elite Gerindra melalui Ketua Harian DPP Sufmi Dasco Ahmad menyampaikan pihaknya berencana pada akhir Juli akan menentukan Rapimnas. Agenda rapimnas nanti akan meminta kesediaan Prabowo dikukuhkan sebagai bakal capres.

Untuk nama cawapres, dia mengaku sudah dikantongi. Namun, nama itu akan dibahas usai perhelatan Rapimnas.

Dasco hanya bilang ada kecocokan Prabowo dengan Cak Imin yang digadang-gadang sebagai cawapres. Namun, ia belum berani bicara lebih jauh soal itu karena ada aturan dan mekanisme yang mesti dipatuhi. 

"Tapi, kalau kemarin kita bilang bahwa sudah ada yang kita kantongi. Ya, betul, itu sudah ada," ujar Dasco  di gedung DPR, Rabu, 6 Juli 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya