Jokowi ke Zulkifli Hasan: Urus Turunkan Harga Minyak Goreng

Presiden Jokowi bersama Mendag Zulkifli Hasan dan Menteri ATR Hadi Tjahjanto.
Sumber :
  • YouTube Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Joko Widodo angkat bicara, terkait menteri yang ikut berkampanye. Bahkan secara khusus, Presiden menyebut agar Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan untuk fokus bekerja seperti yang dia tugaskan.

JK Sebut Golkar Partai Terbuka, Tak Masalah Jika Jokowi-Gibran Gabung

"Saya minta semua menteri fokus bekerja. Kalau Menteri Perdagangan ya urus yang paling penting seperti yang saya tugaskan kemarin bagaimana menurunkan harga minyak goreng," kata Presiden Jokowi seperti dalam keterangan Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Selasa 12 Juli 2022.

Itu disampaikan Kepala Negara, disela-sela menyampaikan bantuan sosial di Pasar Sukamandi, Kabupaten Subang Jawa Barat, 12 Juli 2022. Harapan Jokowi soal minyak goreng curah, harganya bisa berada di kisaran Rp14 ribu atau di bawahnya. Maka menteri perlu untuk melakukan pengecekan kondisi di lapangan.

Soal Utang Rafaksi Minyak Goreng ke Pengusaha, Kemendag: Mudah-mudahan Mei Selesai

"Tugas dari saya itu, jadi ke pasar-pasar mengecek minyak goreng utamanya yang kita cek itu minyak curah, jangan sekali kali lari ke minyak kemasan yang premium," jelas Jokowi.

Turun ke pasar mengecek minyak goreng, juga dilakukan oleh Presiden Jokowi. Ia mengakui, di luar Jawa masih ada yang harganya di atas Rp14 ribu. Maka ini akan diselesaikan juga satu persatu.

Mendag Imbau Masyarakat Tak Perlu Khawatir soal Pelemahan Rupiah

Menteri Harus Fokus

Maka dari itu, Jokowi meminta agar para menteri bisa fokus. Apalagi menyangkut masalah pangan dan energi, menurutnya ini butuh perhatian khusus. Mengingat situasi global yang sedang terdisrupsi oleh dua bidang ini.

"Semuanya harus fokus bekerja utamanya yang berkaitan dengan energi dan pangan, ini penting. Ini saya urus terus terusan yang berkaitan dengan BBM, urusan yang berkaitan dengan energi itu misalnya batu bara semuanya karena dunia terdisrupsi di energi dan pangan sehingga kita harus konsentrasi dan jangan sampai kita terpeleset di dua bidang ini," jelas mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Beredar sebuah video, Senin, 11 Juli 2022, Mendag Zulkifli membagikan minyak goreng 'Minyak Kita' secara gratis dalam acara PAN-SAR Murah di Telukbetung Timur, Bandar Lampung.

Dalam potongan video yang beredar, Zulhas yang juga Ketum PAN itu tampak disambut meriah oleh warga setempat. Adapun kedatangannya diketahui untuk meninjau kondisi harga minyak goreng di pasaran. 

Minyak goreng curah yang diperjualbelikan saat itu dengan harga Rp10.000 untuk 2 liter. Namun, Zulhas meminta warga yang datang untuk membeli tak perlu membayar. Sebab minyak tersebut akan dibayar oleh anaknya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya