Masih Berduka, Jokowi Belum Pikirkan Pengganti Tjahjo Kumolo

Presiden Jokowi.
Sumber :
  • Tangkapan layar.

VIVA Politik – Sepekan lebih usai Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada 1 Juli 2022, hingga kini Presiden Joko Widodo masih belum mencari penggantinya. Dia mengatakan, sampai saat ini dirinya belum memutuskan siapa yang akan ditunjuk sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN-RB).

Moeldoko: Otonomi Daerah Harus Lanjutkan Pembangunan Visi Jokowi

"Belum (menentukan siapa pengganti Tjahjo Kumolo sebagai Men PAN-RB)," kata Jokowi ketika ditanyakan oleh awak media, di Subang, Jawa Barat, Selasa 12 Juli 2022.

Menurut Jokowi, terkait pengganti Tjahjo saat ini masih dalam proses. Selain itu, saat ini pemerintah masih merasakan duka usai Menteri Tjahjo meninggal dunia karena sakit.

Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Takziah ke Rumah Tjahjo Kumolo

Photo :
  • Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

"Masih dalam proses semuanya, kita juga menunggu masih berduka," kata Jokowi.

Jokowi Bakal Siapkan Program Unggulan Prabowo-Gibran Masuk dalam RAPBN 2025

Seperti diketahui, Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada hari Jumat, 1 Juli 2022. Mantan Sekjen PDIP itu tutup usia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta.

Tjahjo meninggal karena sejumlah penyakit yang dideritanya. Mantan Sekjen PDIP tersebut meninggal pada Jumat 1 Juli 2022 di RS Abdi Waluyo Jakarta. Tjahjo mengalami komplikasi, seperti sakit paru-paru, diabetes, asam urat dan keletihan yang dideritanya.

Untuk sementara, Jokowi menunjuk Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) ad interim. Tito ditunjuk jadi Menteri PAN-RB Ad Interim sejak 4 Juli sampai dengan 15 Juli 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya