Survei Parameter: Ganjar Tertinggi Tinggalkan Prabowo dan Anies

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik – Parameter Politik Indonesia merilis hasil survei mereka, yang menempatkan Gubernur Jawa Tengah yang juga politisi PDIP Ganjar Pranowo, menempati urutan tertinggi. Bahkan jauh di atas dari dua kompetitor lainnya yakni Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode

Ganjar unggul dari sejumlah nama tokoh yang berpotensi menjadi calon presiden dalam kontestasi Pilpres 2024. Ganjar mampu meraih elektabilitas sebesar 25,4 persen. 

Elektabilitas tersebut diperoleh Ganjar, melalui pertanyaan terbuka kandidat presiden melalui survei opini publik peta politik Pilpres 2024 yang diselenggarakan Parameter Politik Indonesia. Survei ini menggunakan metode simple random sampling lewat kuesioner yang melibatkan 1.200 responden. 

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang

Direktur Eksekutif Parameter Politik, Adi Prayitno menyatakan Ganjar Pranowo berhasil mengalahkan 18 nama tokoh nasional yang menonjol dan berpotensi menjadi kandidat Capres 2024. 

"Ganjar Pranowo mendapatkan 25,4 persen, kemudian disusul oleh Prabowo Subianto 19,0 persen, disusul Anies Baswedan 17,8 persen, Ridwan Kamil 7,6 persen, AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) 3,4 persen, Sandiaga Uno 2,9 persen dan seterusnya," ujar Adi dalam konferensi pers dan diskusi hasil survei opini publik peta politik pilpres 2024, Selasa, 12 Juli 2022.

Tom Lembong Pilih Setia di Gerakan Perubahan: Saya Satu Paket dengan Anies Baswedan

Kemudian, dari 18 tokoh tersebut dikerucutkan menjadi lima nama yang berpotensi menjadi kandidat capres 2024 di antaranya Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Agus Harimurti Yudhoyono dan Sandiaga Uno. 

Dari kelimanya, Ganjar kembali unggul. Bahkan jika ada lima calon tersebut, elektabilitasnya cenderng meningkat dengan perolehan sebesar 30,0 persen.

"Kemudian ada Prabowo dengan 24,4 persen, Anies Baswedan 20,7 persen, AHY 7,3 persen dan Sandiaga 5,3 persen," jelasnya.

"Ini sebenarnya in line dengan beberapa survei yang sudah kita lakukan pada bulan-bulan sebelumnya dimana tiga besar itu didominasi oleh Ganjar, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan meski dalam rentang jarak yang relatif agak sedikit berjauh," jelas Adi. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya