Mendag Kampanyekan Anaknya, Ray Rangkuti: Tak Layak Dipertontonkan

Ray Rangkuti, pengamat politik pada lembaga Lingkar Madani Indonesia.
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVA Politik – Menteri Perdagangan atau Mendag Zulkfli Hasan belakangan ini menuai kontroversi karena diduga mengkampanyekan putrinya, Futri Zulya Savitri di Lampung. Kritikan itu muncul karena Ketum Partai Amanat Nasional (PAN) itu mempromosikan anaknya saat pasar murah minyak goreng kemasan.

Pemerintah Resmi Cabut Aturan Pembatasan Barang Kiriman Pekerja Migran 

Pengamat politik Ray Rangkuti ikut mengkritisi Zulhas. Bagi dia, cara Zulhas tak layak diperlihatkan ke publik karena saat ini belum tahapan kampanye Pemilu 2024.

"Apa yang saya soroti soal praktik itu sendiri tidak layak dipertontonkan kepada masyarakat. Entah Anda mau menyebut belum ada tahapan pemilu. Kita belum resmi dinyatakan sebagai parpol peserta pemilu karena masih tahap pendaftaran administrasi," kata Ray dalam Apa Kabar Indonesia Pagi tvOne yang dikutip pada Kamis, 14 Juli 2022.

Mendag: Kami Siap Meluncurkan Roket Bertenaga Metana Perdana

Dia mengingatkan PAN saat ini merupakan parpol yang memiliki kursi di parlemen DPR. Menurutnya, cara Zulhas yang menyerukan orang untuk memilih putrinya karena nyaleg di Pemilu 2024 tak patut.

"Itu tidak patut, nggak tepat dilakukan siapa pun. Ini jadi tidak tepat untuk membangun popularitas, elektabilitas dengan tindakan-tindakan yang mencederai semangat demokrasi," jelas Ray.

Perdagangan Pakaian Bekas Impor Kembali Marak, Mendag Zulhas: Tunggu Tanggal Mainnya!

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan

Photo :
  • Istimewa

Pun, dia bilang cara Zulhas itu diduga masuk kategori politik uang yang jadi salah satu ancaman terberat pelaksanaan Pemilu. Ray menekankan mestinya parpol memperlihatkan kepada masyarakat bisa diajak terutama terlibat dalam pelaksanaan Pemilu.

Lebih lanjut, dia menyampaikan sebagai ketum parpol yang lahir dari era Reformasi, Zulhas harus bisa mempraktikan tindakan yang reformatif.

"Bukan karena iming-iming benda gitu ya. Entah itu minyak goreng, sabun. Entah itu kain atau macam-macam. Tapi, karena mereka punya kemauan untuk mewakilkan aspirasi mereka kepada parpol," tuturnya.

Adapun gegara persoalan itu, Presiden Jokowi menyentil Zulhas agar fokus mengurusi harga dan distributor minyak goreng. Zulhas sebelumnya dianggap mengkampanyekan putrinya, Futri Zulya Savitri yang juga calon legislator PAN dari daerah pemilihan Lampung untuk Pemilu 2024.

Baik Zulhas dan Futri hadir dalam pasar murah yang digelar PAN di Bandar Lampung, Sabtu, 9 Juli 2022. Aksi Zulhas, Futri, bersama pengurus PAN  viral dalam video di media sosial.

Dari video itu, usai bagikan migor tampak Zulhas memberikan sambutan. Namun, dalam sambutan itu diselipin omongan Zulhas yang mempromosikan putrinya, Futri agar dipilih ibu-ibu yang datang ke pasar murah. 

Zulhas pun menawarkan agar ibu-ibu tak usah membeli minyak goreng karena akan ditanggung Futri. Dia mengatakan jika mau nanti pasar murah yang digelar PAN akan sering dilakukan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya