Anggota DPR Inisial DK Dipolisikan karena Kasus Cabul, MKD Merespons

Komplek parlemen DPR-MPR, Senayan.
Sumber :
  • vivanews/Andry

VIVA Politik - Anggota DPR RI berinisial DK dilaporkan ke polisi terkait kasus dugaan pencabulan. Dugaan tersebut dilakukan DK di Jakarta, Semarang dan Lamongan Jawa Timur. Laporan itu tengah diusut Bareskrim Polri. 

Polri Buru WN Iran Pengirim 'Kado' Berisi 20 Ribu Ekstasi dari Belanda-Belgia

Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI Habiburokhman dikonfirmasi awak media mengatakan pihaknya belum menerima aduan tersebut. Namun, ia mengatakan, bila memang kasus itu dilaporkan ke MKD DPR, ia memastikan akan menindaklanjutinya. 

"Sejauh ini belum ada info karena kami masih reses. Jika benar diadukan ke MKD maka kami akan memperlakukan aduan tersebut sesuai Peraturan DPR Nomor 2 Tahun 2015 tentang Pedoman Tata Beracara MKD,” kata Habiburokhman, Kamis, 14 Juli 2022.

11 Orang Daftar ke Demokrat untuk Pilgub Sumut, Ada Nama Menantu Jokowi

Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI Habiburokhman

Photo :
  • DPR RI

Lebih lanjut, ia menjelaskan peraturan Tata Beracara MKD. Dia menyampaikan Pasal 8 peraturan yang dimaksud terkait pemenuhan syarat formil aduan.

Bungkam Irma Nasdem, Refly: Harusnya Semua Anggota DPR Itu Oposisi Terhadap Pemerintah!

"Menurut Pasal 8 aturan tersebut, MKD akan mengecek terlebih dahulu pemenuhan syarat formil aduan. Jika terbukti, maka kami akan rapat untuk menentukan jadwal pemanggilan pengadu, teradu, dan para saksi," jelas politikus Gerindra tersebut.

Kemudian, dia mengklaim MKD DPR tidak akan membedakan setiap laporan yang masuk di pihaknya. 

"Intinya, kami tidak akan membeda-bedakan setiap laporan yang masuk ke DPR. Kami pastikan semua prosedur dijalankan," tuturnya.

Untuk diketahui, dalam dokumen laporan yang diterima VIVA, anggota DPR berinisial DK yang dilaporkan ke pihak Bareskrim  Polri itu diduga berasal dari Fraksi Demokrat. Hingga kini belum ada konfirmasi dari Partai Demokrat terkait dugaan ini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya