3 Ketum Partai Dinilai Layak, Siapa Capres 2024 yang Diusung KIB?

Airlangga Hartarto, Suharso Monoarfa, dan Zulkifli Hasan (kanan) saat bertemu di Jakarta
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA – Siapa capres-cawapres yang akan diusung oleh Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di Pilpres 2024, hingga kini belum ada pembahasan. Mengingat ketiga partai di koalisi itu yakni Golkar, PAN dan PPP masih mengusung ketua umumnya masing-masing sebagai capres.

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang

Bendahara Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Totok Daryanto mengatakan, sampai saat ini belum ada pembicaraan tokoh yang bakal diusung dari luar partai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) pada Pilpres 2024.

"Kalau sampai ada figur di luar internal akan jadi masalah dan kita perlu diskusi, KIB punya platform yang perlu dibangun bahwa koalisi ini menjadi komitmen semacam hubungan ijab kabul dalam sebuah keluarga, maka boleh saja diandaikan kita akan sampai sesuai itu komitmennya," kata Totok dalam diskusi dengan tema 'Peta Koalisi Pasca Kelahiran KIB' di Jakarta, Jumat, 15 Juli 2022.

Tom Lembong Pilih Setia di Gerakan Perubahan: Saya Satu Paket dengan Anies Baswedan

Internal PAN, lanjut Totok, mempunyai beberapa tokoh yang memiliki reputasi baik, seperti Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Partai Golkar juga memiliki Airlangga Hartarto dan PPP adalah Ketum Suharso Monoarfa yang dinilai merupakan figur baik di pemerintahan saat ini.

"Jadi ketika kepentingan partai berada di kepentingan rakyat, artinya survei-survei secara nasional apa yang menjadi keinginan harus dipertimbangkan," kata Totok.

Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar: Saya Ambil Hikmahnya PDIP Nyungsep

Kendati demikian, mengenai tokoh calon presiden dan calon wakil presiden di KIB sampai saat ini, belum dibicarakan. Sehingga membutuhkan kesepakatan bersama dalam melakukan startegi untuk memenangkan Pemilu 2024.

"Jadi kita bisa duduk diskusi dan pada pencapresan bisa diumumkan menjadi keputusan bersama," kata Totok.

Ketiga Ketum di KIB Berkelas

Senada itu juga disampaikan politisi Partai Golkar, Melky Laka Lena. Dia menyatakan internal KIB mempunyai tokoh yang sangat mungkin untuk diusung pada Pilpres 2024. Dia menegaskan, masing-masing ketua umum partai politik di KIB layak untuk maju pada Pilpres 2024.

"Karena tiga ketua umum partai KIB berkelas semua, bisa diperkenankan toh juga punya dampak bagi calon yang diajukan," kata Melky.

Menurut Melky, tiga ketua umum partai politik di KIB saat ini juga duduk di Kabinet Indonesia Maju membantu pemerintahan Joko Widodo - Maruf Amin. Karena itu, masing-masing ketua umum parpol di KIB memiliki kualitas dan kapasitas yang layak untuk diusung pada Pilpres 2024.

"Peta capres KIB ini, Pak Airlangga, Zulhas dan Suharso sehingga dimulai dengan yang diajukan dengan kandidat itu dalam dirinya dulu, jadi mereka ini tokoh-tokoh semua," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya