Airlangga Capres Tak Bisa Ditawar, Elite Golkar: Putusan Rapimnas

Airlangga Hartarto
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik – Elite Partai Golkar Emanuel Melkiades Laka Lena mengatakan pihaknya tetap konsisten mencalonkan Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto untuk maju sebagai bakal capres di Pilpres 2024. Golkar tak peduli meski elektabilitas Airlangga masih rendah berdasarkan survei.

Airlangga Dapat Dukungan Satkar Ulama jadi Ketum Golkar Lagi, Didoakan Menang Aklamasi

Dia menjelaskan elektabilitas yang dimiliki seseorang itu memang penting. Namun, perlu juga dilihat kapabilitas dan rekam jejak yang dimiliki oleh orang tersebut. 

Menurutnya, figur Menko Perekonomian itu memiliki rekam jejak yang baik dan perlu diperhitungkan. 

Presiden PKS: Saatnya Pak Anies Mendukung Kader PKS untuk Maju di Pilkada DKI

"Partai Golkar sampai dengan hari ini, itu mendukung, mendorong dan mengusung pak Airlangga sebagai capres," kata Melki, sapaan akrabnya, dalam acara diskusi talkshow LKI Partai Golkar, di Jakarta Selatan, Jumat 15 Juli 2022.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Photo :
  • Dokumentasi Kemenko Ekonomi.
KPU Undang Anies dan Ganjar Hadiri Penetapan Pemenang Pilpres 2024

Melki mengatakan, Golkar mendorong Airlangga nyapres merujuk putusan Musyawarah Nasional (Munas) dan putusan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas). Maka itu, keputusan tersebut sudah mutlak tetap mengusung Airlangga sebagai bakal capres 2024. 

"Kita tetap akan mengusung pak Airlangga sebagai capres, itu berdasarkan putusan Munas dan Rapimnas," ujar Ketua DPD Golkar NTT tersebut. 

Lantas, perihal Golkar ingin Airlangga sebagai capres, tentu jadi pembahasan bersama dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Sebab, selain Golkar, KIB diinisiasi PAN dan PPP.

"Pola, cara, parameter dan bagaimana wakil dan sebagainya itu tentu akan disepakati bersama oleh PAN dan PPP," tutur Melki. 

Dia menekankan, tiga ketum di KIB mesti ditampilkan dulu sejak sekarang. 

"Jadi buat Golkar, PPP dan PAN harus kita dorong. Karena bertiga ini bukan ruang kosong, mereka bertiga mempunyai capaian-capaian yang bisa disampaikan kepada publik," ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya