Habib Rizieq Disebut Nggak Mungkin Dukung Lagi Prabowo

Eks Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab saat tiba di Petamburan jakarta.
Sumber :
  • Foto: VIVA/Muhamad Solihin

VIVA Politik – Advokat senior yang juga tokoh Persaudaraan Alumni (PA) 212, Damai Hari Lubis menilai Habib Rizieq Shihab atau HRS tak mungkin kembali mendukung Prabowo Subianto jika maju di Pilpres 2024. Menurut dia, ada beberapa hal yang kemungkinan HRS ogah dukung Prabowo.

Petinggi Gerindra: Kemungkinan Pengajuan Hak Angket DPR Hanya 3 Persen

Dia secara pribadi menyampaikan alasan HRS sulit mendukung Prabowo. Ia bilang Ketua Umum Partai Gerindra itu sudah mengkhianati perjuangan yang dijanjkan.

Damai menyinggung janji heboh Prabowo jika menang Pilpres 2019 akan jemput HRS ke Arab Saudi dengan pesawat pribadi. Dia paham Prabowo kalah. Tapi, ia menyindir setidaknya eks Danjen Kopassus itu bisa datang ke Bandara Soetta untuk ikut menjemput HRS

Pimpinan Golkar di Daerah Minta Airlangga Dipilih secara Aklamasi di Munas, Menurut Sekjen

"Paling tidak, tidak menjemput ke Arab Saudi karena memang janjinya seperti itu. Kalau menang pakai pesawat pribadi. Paling nggak ke Bandara saja, nggak mau," kata Damai dalam podcast YouTube Refly Harun yang dikutip pada Jumat, 29 Juli 2022.

Pertemuan Ketum Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketum Demokrat AHY.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Putra Mahkota Abu Dhabi Telepon Gibran Ucapkan Selamat Jadi Pemenang Pilpres 2024

Pun, dia heran cara Prabowo yang mau datang sebagai saksi dalam acara pernikahan putri Anang Hermansyah. Namun, Prabowo tak muncul sejak HRS kembali dari Arab Saudi. Kemudian, saat HRS menikahkan putrinya di Petamburan Jakarta yang berujung hukuman pidana karena kerumunan.

"Dia (Prabowo) pernah mengakui sebagai orang yang hormat kepada ulama, tentunya Habib Rizieq. Karena dia pernah diundang Ijtima Ulama. Dia diundang 212. Bahkan, dia pernah berjanji mau menjemput," tutur Damai.

Menurutnya, HRS pernah jadi sahabat Prabowo lantaran mendukung di Pilpres 2019. Namun, seolah-olah hal itu tak terlihat dalam sikap politik Prabowo sejak jadi bagian pemerintahan Jokowi.

"Jadi, kawan kita ini masuk karena pernikahan anaknya. Boleh itu pakai bold itu ya. Dia datang ke pernikahan artis. Ke Bandara saja, dia tidak datang," lanjut Damai.

Dengan alasan itu, ia menyebut bingung jika mendukung Prabowo kembali nyapres 2024.

"Masak kita mau dukung lagi. Logika saya nggak sehat kalau mendukung. Tapi, walau bagaimana kuncinya tetap ada di Habib Rizieq juga," katanya.

Refly Harun pun bertanya jika HRS beri instruksi dukungg Prabowo, Damai menjawabnya. Dia mengaku terpaksa akan mendukung Prabowo karena instruksi HRS.

"Ya, terpaksa mau nggak mau. Tapi, saya rasa nggak mungkin beliau mendukung," ujar HRS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya