Fadli Usul ke Anies Jalan Kramat Raya Diganti Jadi Jalan WR Soepratman

Fadli Zon.
Sumber :
  • Twitter @fadlizon

VIVA Politik – Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengusulkan ke Gubernur DKI Anies Baswedan terkait pergantian nama jalan. Dia mengusulkan agar Jalan Kramat Raya diganti menjadi Jalan WR Soepratman.

Curhat Pengemudi Mobil Jalur Mudik Ditutup Tenda Nikahan

Fadli menyampaikan saran itu melalui cuitannya di akun Twitter, @fadlizon. Menurutnya, di Jakarta saat ini belum ada nama Jalan WR Soepratman.

Dia bilang, Jalan Kramat Raya merupakan lokasi pertama WR Soepratman memainkan Indonesia Raya.

Kebakaran Toko Bingkai di Mampang, Lima Mobil Damkar Dikerahkan

"Kedatangan kel. komponis WR Soepratman, Mas Budi Harry. Blm ada nama jalan WR Soepratman di Jakarta. Sy usulkan harusnya Jl Kramat Raya diganti Jl WR Soepratman, tempat Kongres Pemuda 1928 tempat WR Soepratman kali pertama memainkan lagu "Indonesia Raya”. ?Pak @aniesbaswedan," tulis Fadli yang dikutip VIVA pada Jumat, 29 Juli 2022.

Dikonfirmasi VIVA, Fadli mengatakan dirinya menerima keluarga Wage Rudolf (WR) Soepratman di perpustakaan pribadinya di Tanah Abang, Jakarta Pusat. Dia bilang dari keluarga WR Soepratman ada sang putra, Budi Harry.

Jasa Marga soal Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung Semarang: Sopir Lupa Rem Tangan

"Iya tadi hari ini datang," tutur Fadli.

Terkait perubahan nama jalan di Ibu Kota Jakarta, Anies Baswedan mengeluarkan kebijakan mengganti 22 nama jalan dengan nama tokoh Betawi. Langkah Anies ini dengan menerbitkan Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 565 Tahun 2022.

Anies menyampaikan alasan perubahan nama jalan sebagai upaya untuk menghormati para tokoh Betawi yang sudah berjasa buat Jakarta. Kebijakan Anies itu menuai protes warga yang kebetulan tinggal di area nama jalan yang diubah.

Salah satunya warga di Batuampar, Condet, Kramatjati, yang protes perubahan nama Jalan Budaya menjadi Jalan Entong Gendut.

Kebijakan Anies itu juga memantik beberapa fraksi di DPRD DKI yang berencana membentuk Panitia Khusus (Pansus) pergantian nama jalan. Mereka pertanyakan urgensinya kebijakan Anies yang mengubah nama jalan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya