PBB Optimis Tembus Parlemen di 2024

Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA Politik - Partai Bulan Bintang kembali mendaftar sebagai partai peserta pemilu 2024. Sekretaris Jenderal Afriansyah Noor optimis partainya lolos sebagai peserta.

Kondisi Tragis di Gaza, FYP Minta Yordania-Mesir Buka Perbatasan untuk Bantuan Kemanusiaan

Lebih Siap

"Hari ini kami sudah mendaftar ke KPU RI di hari pertama. Dan insya Allah PBB akan lebih siap untuk melakukan persiapan administrasi verifikasi dan faktualnya," kata Afriansyah kepada wartawan usai mendaftarkan PBB sebagai salah satu peserta Pemilu 2024 di kantor Komisi Pemilihan Umum, Jakarta, Senin, 1 Agustus 2022.

KPU Tolak Tanggapi Tudingan Nepotisme Jokowi ke Prabowo-Gibran

Kader dan simpatisan Partai Bulan Bintang (PBB) melakukan aksi bela PBB di KPU

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Afriansyah menegaskan PBB semakin siap menghadapi Pemilu 2024 dengan adanya sistem baru.

Momen Ketua MK Semprot Kuasa Hukum KPU yang Puji-puji Hasyim Asy'ari

"Dengan sistem baru, kami lebih siap. Jadi dimulai bulan Juni 2022 kemarin kami sudah melakukan memasukkan data ke Sipol yang dibuka oleh KPU RI," ujarnya.

Baca juga: 8 Parpol Sudah Daftar Peserta Pemilu 2024

Punya Banyak Pengalaman

Selain itu, Afriansyah mengatakan partainya akan lebih siap menghadapi Pemilu 2024, sebab partainya memiliki banyak pengalaman. Terlebih, klaim Afriansyah, PBB telah melakukan modernisasi kepartaian.

PBB menstrategikan bakal menjaring para anak-anak muda yang mempunyai potensi. PBB juga akan menampilkan citra sebagai partai Islam yang lebih moderat.

"Sekarang paradigma kita ini partai Islam modernis. Di tempat-tempat kita yang minoritas sekarang pengurusnya sudah non-Muslim. Jadi strategi ini kami pakai, mudah-mudahan ini bisa merangkul semua kekuatan yang ada di Indonesia," kata Afriansyah.

Sejumlah kader dan simpatisan Partai Bulan Bintang (PBB) melakukan aksi bela PBB

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Tak Ulangi Kesalahan

Afriansyah mengaku agar tidak mengulang kesalahan pada pemilu kemarin, Ketua Umum PBB PBB Yusril Ihza Mahendra juga telah memerintahkannya.

"Dengan pengalaman inilah saya diminta ketua umum Bapak Yusril untuk memperbaiki seluruh kepengurusan dari mulai provinsi, kabupaten kota, sampai dengan PAC kecamatan dan ranting," katanya.

Target Lewati Ambang Batas Parlemen

Untuk target sendiri, sambung Apriansyah pihaknya ingin mendapatkan empat persen suara nasional pada Pemilu 2024 atau melewati ambang batas parlemen (parlementary threshold).

"Minimal kita sama dengan parlementary threshold empat persen saja, setara dengan 25 kursi yang ada di seluruh Indonesia," katanya.

Sekadar informasi, pada tiga pemilu terakhir, PBB tidak lolos jadi partai parlemen karena selalu memperoleh suara di bawah parlementary threshold. Padahal, pada 1999 hingga 2009, PBB selalu hadir di DPR, Senayan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya